Anggota DPR Damayanti Wisnu Dituntut Enam Tahun Penjara

Damayanti Wisnu Putranti telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi.
, Majalah Kartini | 30/08/2016 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI-Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti dituntut enam tahun penjara. Selain itu ditambah denda subsider enam bulan kurungan karena menerima suap 732 ribu dolar Singapura dan Rp1 miliar.

“Majelis hakim agar menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama enam tahun dan pidana denda sejumlah Rp500 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan,” kata ketua jaksa penuntut umum KPK Iskandar Marwanto di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (29/8).

Majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat supaya memutuskan, menyatakan terdakwa Damayanti Wisnu Putranti telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi sebagaiamama diatur dan diancam pidana dalam pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 65 ayat 1 KUHP sebagaimana dakwaan pertama, kata Iskandar.

Selain itu, jaksa KPK juga menuntut Damayanti untuk mendapat hukuman pidana tambahan, terkait pengurusan program aspirasi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut. “Menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun sejak terdakwa usai menjalani pidana pokoknya,” tambah jaksa Iskandar. (ANT/Foto: ANT FOTO/Puspa Perwitasari)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: