Angco, Kurma Tiongkok yang Simpan Banyak Manfaat!

Khasiatnya bagi kesehatan sudah dikenal di Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.
, Majalah Kartini | 13/02/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Angco (Hong Zao) –biasa juga dipanggil kurma merah– merupakan buah sejenis kurma –seperti buah yang umum ditemukan– Bedanya, buah ini bersifat sedikit kadar air dan mempunyai warna yang kemerahan. Buah ini merupakan buah asli Tiongkok. Selain itu, buah ini telah lama dipercaya masyarakat di sana sebagai buah yang berkasiat bagi kesehatan.

Buktinya, jauh sebelum pengobatan-pengobatan modern sekarang ini, tabib-tabib Tiongkok  –kurang lebih sekitar 3000 tahun yang lalu­– sudah menggunakan buah ini untuk ramuan herbal. Waktu itu buah ini digunakan sebagai ramuan, kemudian  dicampur dengan arak yang berfungsi untuk menjaga stamina, menguatkan fungsi liver dan jantung, serta melancarkan peredaran darah.

Terang saja buah ini begitu berkasiat, itu semua karena Angco memiliki kandungan  yang melimpah, yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Dari kandungan yang melimpah itu, Angco bisa digunakan dan berkasiat untuk:

  1. sebagai ramuan tambahan makanan bagi orang sehabis sakit (tahap pemulihan),
  2. meningkatkan daya tahan tubuh dan meninggkatkan sel darah putih,
  3. menjaga liver dan membantu menurunkan kadar kolesterol,
  4. menghambat pertumbuhan sel kanker,
  5. mencegah osteoporosis serta anemia,
  6. melancarkan menstruasi, dan
  7. menjaga kecantikan kulit dan kesehatan wanita.

Angco dapat dikonsumsi secara langsung dengan mengunyahnya dan bisa juga direbus terlebih dahulu untuk diminum airnya. Selain itu, bisa juga digabungkan ke dalam masakan sebagai tambahan penyedap rasa. (*)

 

 

Teks: Andro Satrio SG

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: