Amankah Membersihkan Telinga dengan Ear Candle?

Ketahui risiko terapi ear candle, dan temukan cara aman dan tepat membersihkan telinga.
, Majalah Kartini | 05/12/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Membersihkan telinga menggunakan korek kuping atau tissue dirasa kurang nyaman dan aman oleh sebagian orang, bahkan kini mayoritas masyarakat lebih memilih terapi ear candle guna membuat telinga bersih dan nyaman. Perlu Anda ketahui, ear candle adalah teknik alternatif untuk membersihkan telinga dengan menggunakan lilin khusus.

Ear candle dianggap lebih praktis dan lebih bersih untuk menghilangkan kotoran telinga. Para penyedia perawatan telinga ini juga mengklaim penggunaan ear candle dapat memberikan efek relaksasi bahkan mereka mengatakan perawatan dengan ear candle dapat menyembuhkan sinusitis, sakit tenggorokan, flu, vertigo, dan masalah pendengaran.

Meski demikian, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa cara ini efektif membersihkan kotoran telinga. Sebelum Anda memilih terapi ear candle ketahui dulu beberapa risiko penggunaan ear candle berikut ini:

 

  • Penyumbatan telinga oleh lelehan lilin dan menyebabkan harus dilakukan operasi.
  • Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara.
  • Kerusakan atau berlubangnya gendang telinga.
  • Masuknya abu ke dalam gendang telinga.
  • Luka bakar pada gendang telinga, dan telinga bagian dalam.

Selain itu, menggunakan ear candle sebagai alat membersihkan kotoran telinga juga bisa berbahaya bagi daerah sekitar telinga. Seperti, timbulnya luka yang diakibatkan oleh jatuhnya bekas pembakaran lilin ke daerah muka, kulit kepala, rambut, dan bagian luar lubang telinga. Sejauh ini para ahli juga tidak menyarankan penggunaan ear candle sebagai metode untuk membersihkan telinga, mengingat lebih banyak risiko dibandingkan manfaatnya.

Cara membersihkan telinga yang aman dikutip dari Alodokter adalah memasukkan beberapa tetes baby oil, gliserin, atau hidrogen peroksida ke dalam telinga yang memiliki kotoran yang telah mengeras. Lakukan cara ini berulang kali. Biasanya, kotoran telinga Anda akan melunak dalam waktu 48 jam.

Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan kotoran telinga yang sudah cukup lunak. Gunakan semprotan kecil atau bekas botol tetes mata untuk mengairi liang telinga. Pada saat menyemprotkan air hangat, tariklah daun telinga Anda untuk meluruskan saluran telinga. Kemudian, miringkan kepala ke arah sebaliknya setelah selesai mengairi, sehingga air di dalam telinga Anda dapat tumpah keluar. Lalu, bersihkan bagian luar telinga dengan menggunakan tisu atau handuk. Bila Anda ragu melakukan prosedur ini sendiri, Anda dapat membersihkan telinga dengan bantuan dokter spesialis THT. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: