Presiden Ajak Keluarga Jalan Sehat hingga Dialog dengan Wartawan

Minus sang anak bungsu Kaesang, Presiden Joko Widodo habiskan akhir pekan bersama istri, kedua anak plus menantu dan sepasang cucu yang menggemaskan.
, Majalah Kartini | 10/12/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Mengisi akhir pekan kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih meluangkan waktu untuk berjalan-jalan santai bersama istri, anak, menantu dan cucu di sekitar Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Keakraban keluarga ini tampak hangat dan menginspirasi. Sesekali aksi sang cucu pertama, Jan Ethes pun membuat wartawan yang meliput turut terhibur dan tertawa berkat kelakuan menggemaskannya.

Saat ditanya sosok di sampingnya siapa, Jan Ethes menjawab “Mbah, Mbah Jokowi,” jawabnya lantang yang diikuti tawa gemas para wartawan (8/12). Selesai berjalan pagi, Presiden Jokowi dan keluarga pun duduk di venue yang telah disiapkan untuk berbincang dengan para wartawan yang datang. Pagi itu, Presiden membuka sesi tanya jawab dan menjawab secara buka-bukaan segala pertanyaan yang dilontarkan pencari berita.

Dikatakannya, sebagai kepala negara dengan segudang aktivitasnya, bukan perkara mudah meluangkan waktu untuk berkumpul bersama istri, anak-anak, cucu, dan menantunya secara lengkap, karena masing-masing memiliki kesibukan yang berbeda. Seperti pagi itu, salah satu anak bungsu Presiden, Kaesang tidak turut hadir karena  harus ke luar kota.

“Kita ketemu sangat sulit sekali. Kemarin ketemu hanya setengah hari komplet betul kemarin. Janjiannya kemari waktu Jumatan di masjid (Istana Bogor). Malam kita kumpul. Tapi setelah itu pagi tadi hilang satu, karena Kaesang harus ke Makassar pukul 04.30 WIB. Jadi sudah sibuk masing-masing,” ujar Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor, (8/12).

Meski demikian, sesibuk apapun dirinya tak pernah lupa video call dengan cucu pertamanya yang sudah mulai mengerti dan bisa diajak bicara.  “Kalau malam pukul 09.00 WIB atau pukul 10,00 WIB saya selalu video call Jan Ethes, pasti, itu pasti. Sebelum dia tidur,” ceritanya.

Ditanya mengenai ketegasan Jokowi dalam menerapkan prinsip pada anak-anaknya, Gibran menjawab,
“Kalau hal prinsip bapak sangat tegas. Tapi di luar itu kita lebih banyak bebasnya. Lagipula saya sejak lulus SMP tidak tinggal sama bapak ibu, kita ditekankan untuk mandiri, bebas tapi tetap sesuai prinsip yang ditentukan oleh bapak,” ujar putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Pertanyaan lain pun datang seputar kerapnya Presiden Jokowi diserang fitnah dan segala tuduhan, kali ini sang istri tercinta menjawab,”Saya selalu support. Selalu berdoa semoga dalam menjalankan tugas amanah ini berjalan dengan lancar,” tutur Ibu Iriana. Gibran juga mengakui berita negatif soal ayahnya sudah ada sejak dulu. Pihak keluarga tak pernah reaktif atas pemberitaan tersebut. “Komentar negatif pasti selalu ada ya dari dulu. Saat wali kota, gubernur, sekarang pilpres pasti ada komentar negatif terus. Yang jelas kalau ada komentar negatif dari keluarga tidak boleh reaktif,” imbuh Gibran.

Sebagai pengusaha yang banting setir menjadi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), lalu menjadi Wali Kota, Gubernur, dan kini Presiden, Jokowi tak pernah memaksakan keluarganya untuk turut terjun ke ranah politik.

“Saya nggak pernah (larang). Saya sejak kecil, mereka saya berikan kebebasan untuk menentukan pilihan ke mana, betul-betul saya bebaskan. Tapi prinsip-prinsip tadi sudah mereka tahu semua apa yang boleh dan tidak boleh. Misalnya besok mau nyalonin, tahu-tahu Kaesang mau nyalonin Presiden di 2024 ya nggak ngerti juga saya,” ujarnya diiringi tawa. “Yang saya lihat malah feeling politik yang sudah masuk itu Bobby. Sedikit-sedikit sudah. Saya lihat lebih ada keinginan. Bicara politik juga sudah ada. Yang lain belum,” ungkap Presiden Jokowi.

“Untuk saat ini kan memang saya mengikuti terus jejaknya Bapak sebagai pengusaha. Sekarang kan Bapak sudah jadi politikus, saya lihat itu sebagai hal yang sangat dinamis ya,” ujar Gibran. Sejurus dengan sang kakak, putri kedua Presiden, Kahiyang Ayu juga mengatakan belum tertarik masuk dunia politik. (*)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: