Ahli Waris Korban Gempa & Tsunami Palu Dapat Santunan Rp 15 Juta per Jiwa

Data korban meninggal harus betul akurat nama dan alamatnya serta berdasarkan laporan dari aparat pemerintah setempat.
, Majalah Kartini | 01/10/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Pencarian korban di antara puing-puing bangunan akibat gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu terus dilakukan, hingga Minggu malam terdata sebanyak 832 orang meninggal dunia dan jumlah terus kemungkinan akan bertambah seiring masih dilakukannya penyisiran korban. Sebagai santunan duka cita, BNPB mengatakan para ahli waris korban meninggal dunia akan mendapatkan uang santunan sebesar Rp 15 juta per jiwa.

“Itu mekanismenya sesuai regulasi yang ada bahwa santunan duka cita bagi keluarga korban yang meninggal dunia itu Rp 15 juta per jiwa yang akan diberikan kepada ahli warisnya dan ditangani oleh Kemensos,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (30/9).


Oleh karena itu, Sutopo berujar bahwa pendataan korban harus akurat. “Data korban meninggal harus betul fix nama dan alamatnya yang kemudian berdasarkan laporan dari aparat setempat bahwa betul dia adalah warga saya nanti Mensos akan memberikan,” ungkapnya.

Meski demikian, Sutopo mengaku tidak mengetahui kapan bantuan itu akan turun karena pihak Kementerian Sosial yang memiliki wewenang atas hal tersebut. Sedangkan, BNPB sendiri menyediakan dana siap pakai Rp 506 miliar untuk penanganan darurat. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: