84,2 Juta Orang Indonesia Melakukan Transaksi Online

Hasil riset memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia mulai familiar dengan internet.
, Majalah Kartini | 08/02/2017 - 16:01

84 2 Juta Orang Indonesia Melakukan Transaksi Online

MajalahKartini.co.id – Riset yang diprakarsai oleh Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, terdapat 132 juta orang, di Indonesia, yang sudah terpapar oleh internet. Bahkan, menurut catatan riset terbaru APJII di tahun 2016 tersebut, 63,5% atau 84,2 juta orang telah memanfaatkan internet untuk melakukan transaksi online.

Hasil riset tersebut memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia mulai familiar dengan internet, baik melakukan browsing, berinteraksi melalui media sosial, dan jual-beli online. Semakin hari, jumlah masyarakat yang memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari- harinya, semakin bertambah. “Kita telah memasuki masa di mana kondisi pasar e-commerce sudah mulai terbaca dengan jelas,” kata Daniel.

Tahun 2017, menandai 11 tahun berada di Indonesia OLX (Online Exchange) membangun bisnisnya untuk memberikan kemudahan bagi individu yang ingin menjual barang yang sudah tidak lagi digunakan, dengan cepat. Selama itu pula, bisnis ini terus tumbuh dan berkembang.

“Sepanjang tahun 2016, setiap bulannya OLX telah membantu 1,4 juta transaksi melalui platform-nya, dengan nilai transaksi mencapai Rp31 triliun. Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, angka tersebut meningkat drastis. Ini membuktikan, bisnis yang ia bangun terus berkembang,” kata Daniel Tumiwa, Chief Executive Officer OLX Indonesia, pada press conference di Jakarta, Selasa (7/2).

Perkembangan bisnis C2C ini, merupakan salah satu refleksi kondisi pasar e-commerce Indonesia. Menurut CEO yang telah memimpin perusahaan jaringan internet selama lebih dari dua tahun ini, industri e-commerce sudah memasuki tahap di mana para pelaku harus mengambil posisi dan menentukan perannya. “OLX telah menjadi platform iklan baris yang terbesar, di Indonesia. Penjual telah mendapatkan manfaat berupa kecepatan menjual barang. Pembeli pun merasakan manfaatnya dengan mendapatkan tawaran harga yang sangat menarik,” lanjut Daniel

Menjadi yang terbesar di kategori iklan baris online, tidak lantas membuat perusahaan ini puas dan berhenti berinovasi. Kondisi masyarakat sekarang sudah berbeda dengan beberapa tahun lalu. “Mereka adalah masyarakat mobile. Dan, mereka adalah target pasar yang sangat besar dan akan terus menjadi lebih besar selama beberapa tahun ke depan,” ujar Daniel. (Foto : Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: