8 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin.
, Majalah Kartini | 19/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Selama ini, air kelapa hanya dikenal sebagai pelepas dahaga. Bahkan, ada yang beranggapan, air kelapa hanyalah limbah dari buah kelapa. Padahal, dalam larutannya, air buah nyiur ini punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa.

Foto: Istimewa

Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya.

Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Meski demikian air kelapa ternyata juga punya manfaat lain, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

  1. Melembapkan

Mengonsumsi air kelapa meningkatkan kelembapan dan kandungan lipid pada kulit. Hasilnya, Anda akan memiliki kulit yang cantik bercahaya. Anda juga bisa menggunakan air kepala sebagai toner untuk menghidrasi dan melembapkan kulit.

  1. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat dengan kilat, Anda bisa mencoba dengan air kelapa. Tuang segelas air kelapa dalam wadah berisi parutan 3 ruas kunyit. Biarkan semalam dalam lemari es. Setelah itu, bubuhkan tiga sendok teh bubuk cendana ke dalamnya. Simpan lagi selama tiga hari, kemudian saring ramuan dengan kain kasa. Oleskan sari larutan tersebut pada wajah yang berjerawat dua kali sehari sampai jerawat lenyap.

Baca Juga: Ingin Langsing dan Sehat? Minum Air Kelapa Muda

  1. Menghasilkan kulit yang bebas noda

Air kelapa dapat meningkatkan oksigen pada kulit dan membuat kulit bisa bernapas dengan lebih baik. Hal ini akan membuat kulit Anda tampak sehat dan bebas noda. Air kelapa juga mampu mencegah kanker kulit dengan menghalangi 20% sinar ultraviolet.

  1. Mencegah uban

Sudah mulai terlihat muncul uban meski usia masih belum terlalu tua? Bisa coba melarutkan satu sendok teh garam dapur dalam air kelapa hijau segar. Gunakan ramuan ini setelah keramas. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit di kepala sambil dipijat-pijat dan bilas dengan air bersih.

  1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kadang antioksidan yang tinggi pada air kelapa akan melawan radikal bebas. Oleh karena itulah perawatan dengan menggunakan air kelapa akan memberikan Anda kulit yang tampak lebih mudah. Sitokin dalam air kelapa juga mencegah munculnya keriput, noda di wajah dan garis-garis halus.

Baca Juga: H2 Tepung Kelapa Alternatif bagi Penderita Diabetes

  1. Melawan infeksi kulit

Infeksi kulit merupakan masalah umum yang terjadi pada banyak orang. Air kelapa mengandung anti virus, anti mikroba, dan anti jamur yang melindungi kulit dari infeksi seperti erysipelas, cellulitis dan folliculitis. Anda dapat mengoleskan air kelapa secara langsung pada kulit atau menambahkannya pada air mandi.

  1. Mencegah kerutan wajah

Salah satu tanda penuaan dini yang umum terjadi adalah munculnya keriput. Ternyata, bisa mencegah kondisi ini dengan bantuan air kelapa. Basuhlah wajah dengan air kelapa agar wajah tetap kencang.

  1. Membersihkan minyak berlebih

Air kelapa juga efektif mengatasi minyak berlebih pada kulit. Air kelapa ini akan membersihkan kelebihan minyak dari kulit serta mencegah timbulnya jerawat. Cuci wajah Anda dengan air kelapa untuk mengendalikan kilap minyak pada wajah dan membuat Anda terlihat bercahaya alami.

Nah, siapa sangka bahwa air kelapa ternyata dapat membuat kulit Anda tampil lebih cantik dan sehat. Anda siap mencoba melakukan perawatan dengan air kelapa?

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: