Ketahui 7 Langkah Aman Berbelanja Online

Jangan sembarangan ketika Anda melakukan online shopping, karena jika salah langkah justru dapat merugi.
, Majalah Kartini | 08/02/2019 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Seiring perkembangan teknologi, saat ini Anda tidak perlu lagi berbelanja dengan pergi ke toko, pasar, atau mall yang tentu akan memakan banyak waktu dan energi. Berbelanja online kini lebih diminati karena praktis dan mudah. Cukup buka situs atau aplikasi melalui smartphone Anda, maka Anda pun dapat memilih serta puas berbelanja. Tetapi, jangan remehkan cara berbelanja online jika Anda tidak mau merugi atau tertipu. Ikuti beberapa langkah berikut ini agar aktivitas berbelanja online Anda terasa semakin nyaman dan aman.

Pilih situs yang terpercaya dan aman. Saat ini banyak sekali situs jual-beli yang menjual berbagai macam barang. Mulai dari produk makanan, pakaian, elektronik, dan keperluan rumah tangga tersedia dalam satu situs. Ada juga yang membuka lapak di media sosial Facebook dan Instagram. Sebelum memutuskan membeli, cek dulu apakah penjual terpercaya. Pastikan dalam situs tercantum alamat dan nomor kontak, lalu baca ulasan atau testimonial konsumen yang pernah berbelanja di situs tersebut.

Baca peraturan kebijakan situs. Mayoritas konsumen online enggan membaca teliti peraturan dalam transaksi yang umumnya nampak banyak sekali tulisan yang memusingkan. Jangan asal tekan  “Ya, saya setuju” saja. Baca terlebih dahulu dan pahami peraturannya agar Anda tahu harus lakukan apa ketika kejadian yang tidak menyenangkan terjadi.

Jangan mudah tergoda harga murah. Sekarang kian ramai situs-situs yang menawarkan produk, misalnya pakaian dengan harga sangat murah dan jauh di bawah harga pasaran. Jangan hanya perhatikan harga murah jika ingin berbelanja online, tapi perhatikan juga detail dan kualitas barang. Ini terutama berlaku pada barang elektronik. Ada toko online yang memasang harga jauh di bawah harga pasar. Anda harus benar-benar pastikan bahwa barang yang dijual itu “benar”.

Perhatikan ukuran jika berbelanja pakaian. Terkadang situs kerap mem-posting foto pakaian yang dikenakan para model. Tampak indah dan sangat menggoda. Jangan terburu-buru untuk membelinya, ketahui dulu bentuk tubuh Anda dan ukurannya. Karena yang tampak bagus pada badan model, belum tentu sesuai untuk badan Anda. Perhatikan juga apakah situs itu menggunakan standar ukuran Amerika, Inggris, atau Eropa.

Pilih situs yang menyediakan fasilitas pembayaran COD (Cash On Delivery). COD atau sistem bayar langsung saat Anda terima barang bisa memperkecil risiko pembelian barang secara online. Kelemahannya, sistem ini belum lama hadir, dan umumnya hanya untuk kota-kota besar. Kalau daerah tempat tinggal Anda  jauh dari jangkauan COD, pilih saja jalur pembayaran lain yang aman: kartu debit. Kalau terpaksa memakai kartu kredit, jangan pernah berikan nomor kartu di surat elektronik.

Cek tanda kunci di status bar. Penting untuk Anda ketahui: situs yang aman adalah situs yang mempunyai SSL (Secure Sockets Layer). Situs yang punya SSL pasti diawali dengan “https://”. Ketika Anda mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung status bar.

Simpan bukti transaksi. Langsung simpan dengan baik bukti transaksi. Selain itu, simpan juga data tentang deskripsi produk dan harga, kwuitansi digital, serta salinan percakapan elektronik antara Anda dan si penjual. Ketika barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan, Anda bisa minta ganti rugi karena memiliki bukti. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: