5 Trik Hilangkan Haus Saat Puasa

Untuk menghilangkan rasa haus atau dehidrasi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Ini untuk memastikan kita tetap sehat, terhidrasi dan seimbang selama bulan Ramadhan.
, Majalah Kartini | 20/05/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam adalah tantangan tersendiri bagi orang yang berpuasa. Apa lagi di siang hari. Saat seseorang masih harus melakukan aktivitasnya seperti biasa. Rasa haus adalah tantangan yang sering ditemui saat berpuasa.

Foto: Istimewa

Ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan, tubuh kita menghadapi kondisi di mana tidak mengonsumsi cairan apapun. Untuk menghilangkan rasa haus atau dehidrasi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Ini untuk memastikan kita tetap sehat. Juga terhidrasi dan seimbang selama bulan Ramadhan.

Puasa selama lebih dari 12 jam sehari membuat tubuh kita ada dalam keadaan dehidrasi. Karena air sangat penting untuk berbagai fungsi vital dalam tubuh. Bahkan, besarnya peran air terhadap fungsi tubuh membuat 60-70% berat tubuh kita terdiri dari air. Berikut ini trik menahan haus saat puasa yang tidak menghambat aktivitas.

  1. Perbanyak minum air putih

Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat terhindar dari dehidrasi. Minimal minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu tidak kehausan pada jam-jam puasa.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa air memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Karena air membantu meningkatkan sekresi hormon Noradrenalin yang meningkatkan aktivitas sistem saraf. Serta meningkatkan pembakaran lemak. Dengan demikian membantu menyingkirkan kelebihan berat badan.

Baca Juga: 8 Dampak Kurang Minum Bagi Kesehatan

  1. Konsumsi buah dan sayur

Lebih disarankan untuk makan sayuran dan buah-buahan segar di malam hari dan saat makan sahur. Hal ini karena buah dan sayur mengandung banyak ai. Juga serat yang bertahan lama di usus yang akan mengurangi rasa lapar dan haus. Buah dan sayur segar juga membantu meringankan gangguan neurologis. Kandungan serat selulosanya bergizi dan memfasilitasi proses pencernaan, mengeluarkan racun, dan membersihkan usus. Konsumsi jus buah segar saat berbuka dan sahur juga dapat mengurangi dehidrasi saat puasa.

  1. Hindari makanan asin dan pedas

Makanan asin meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menambahkan banyak garam pada makanan. Jauhi juga makanan dengan salinitas tinggi, seperti ikan asin dan acar. Mengonsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi hanya akan membuat Anda merasa cepat haus saat berpuasa.

Makanan yang mengandung sebagian besar rempah-rempah dan bumbu pedas membutuhkan air dalam jumlah besar setelah konsumsi. Hal ini karena makanan pedas dan berempah menyerap air saat dimakan dari mulut dan perut. Proses ini menyebabkan kekeringan di dalam tubuh, dan dengan demikian rasa haus akan timbul saat berpuasa. Jadi, orang yang berpuasa harus menghindari makan makanan pedas yang mengandung banyak bumbu, terutama saat makan sahur.

Baca Juga: Sehatkah Air Minum Putih yang Didiamkan Cukup Lama?

  1. Konsumsi yoghurt saat sahur

Satu cangkir yoghurt mengandung 85% air. Sehingga tepat untuk dikosumsi saat sahur. Setelah memperhitungkan semua manfaat nutrisi, pilihan yang terbaik adalah untuk mencampur dan memadukan yoghurt dengan makanan lain. Seperti buah-buahan dan sayuran, atau makanan lainnya yang dirasa cocok untuk dicampurkan.

  1. Hindari kopi dan soda

Dianjurkan orang yang berpuasa mengurangi jumlah stimulan seperti teh dan kopi. Kandungan kafeinnya dapat meningkatkan aktivitas ginjal dan perannya dalam pengeluaran urin. Dengan demikian, stimulan meningkatkan proses kehilangan air dari tubuh. Juga harus dicatat bahwa teh dan kopi tidak dapat dianggap sebagai alternatif air. Ini karena kopi dan teh memiliki sifat panas yang membuat dehidrasi tubuh.

Selain itu, soda mengandung karbon yang menyebabkan perut kembung dan perasaan kenyang. Sehingga mencegah tubuh untuk menggunakan cairan. Oleh karena itu, perlu untuk menghindari minuman soda selama makan berbuka puasa.

Jika Anda mencoba trik menahan haus saat puasa seperti yang dijelaskan di atas, rasa haus yang Anda alami saat puasa akan berkurang secara signifikan. Selamat mencoba!

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: