5 Perawatan Kecantikan dengan Kayu Manis

Selain dimanfaatkan untuk makanan atau minuman, ternyata kayu manis pun bermanfaat untuk merawat wajah menjadi sehat.
, Majalah Kartini | 23/04/2019 - 16:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.idCinnamon atau yang lebih dikenal dengan kayu manis kerap dimanfaatkan untuk makanan atau minuman. Aromanya yang khas membuat produk pangan yang menggunakan rempah ini menjadi semakin lezat.

Selain dimanfaatkan untuk makanan atau minuman, ternyata kayu manis pun bermanfaat untuk merawat wajah menjadi sehat. Kayu manis bubuk memiliki manfaat perawatan secara alami tanpa bahan kimia. Sehingga tidak menimbulkan efek samping. Kayu manis juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Kayu manis yang dimanfaatkan bisa berbentuk batangan ataupun bubuk. Rebusan batang kayu manis bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dan menunjang kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kayu manis untuk wajah? Berikut ulasannya:

  1. Scrub wajah

Pemakaian kayu manis sebagai scrub wajah dapat membantu mengembalikan kesegaran wajah. Caranya, ambilah beberapa gram garam espom dan tambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya. Campur kedua bahan tersebut. Kemudian, oleskan pada wajah lalu bilas hingga bersih. Perawatan ini dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah.

Baca Juga: Resep Alami Teh Kayu Manis Penurun Berat Badan

  1. Menyamarkan garis halus

Ingin menyamarkan garis halus sehingga tampil lebih muda? Maka kayu manislah solusinya. Caranya, campurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu, oleskan ke wajah dan bilas hingga bersih.

  1. Menjadikan kulit lebih cerah

Sengatan sinar matahari, polusi, debu, dan berbagai faktor lainnya menyebabkan kulit wajah terlihat lebih gelap dari warna aslinya. Untuk itu, diperlukan perawatan yang tepat dan teratur. Salah satunya dengan mengaplikasikan masker kulit kayu manis. Cara membuatnya sangat mudah. Beberapa bahan yaitu bubuk kayu manis, yoghurt, jus pisang, dan jus lemon dicampur hingga merata. Setelah itu aplikasikan langsung pada wajah sebagai masker. Setelah beberapa waktu dan masker sudah mengerin, basuh wajah hingga bersih.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil dengan Kayu Manis

  1. Foundation yang bersinar

Riasan wajah yang glowing bisa didapat dengan bantuan bubuk kayu manis. Caranya, bubuhkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder. Oleskan pada wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

  1. Masker jerawat

Jerawat bisa dikatakan gangguan kulit yang sangat umum. Banyak orang pernah mengalaminya dan dapat hilang dengan sendirinya. Atau dengan menggunakan obat-obatan tertentu seperti acnol. Namun jika Anda salah merawat wajah seperti senang memencet-mencet jerawat, biasanya ia akan meninggalkan noda atau bekas di wajah. Sehingga membuat wajah terlihat kurang bersih dan bernoda. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri di dalam kayu manis dapat membantu mengobati masalah jerawat secara alami. Tambahkan bubuk kayu manis ke dalam beberapa tetes madu dan terapkan pada wajah. Diamkan hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: