5 Kunci Membangun Keluarga Berkualitas

Memutuskan untuk mulai berumah tangga berarti berkomitmen untuk menyatukan dua pemikiran, suami & istri, demi terciptanya hubungan rumah tangga yang harmonis.
, Majalah Kartini | 19/08/2016 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Banyak hal yang perlu menjadi perhatian untuk membangun keluarga bahagia yang berkualitas. Lima kuncinya dapat Anda temukan di sini!

Komunikasi Efektif

Bangunlah komunikasi efektif dengan pasangan Anda. Tingkatkan interaksi sehari-hari untuk bertukar pikiran dalam mempererat hubungan rumah tangga. Obrolan ringan, sambutan hangat, saling terbuka, dan saling memahami akan meningkatkan perhatian dan saling percaya satu sama lain. Terjalinnya, komunikasi yang baik dan intens dapat menghindari masalah dalam rumah tangga.

Kerjasama Tim

Dalam rumah tangga, Anda dan pasangan adalah sebuah tim. Tentu, masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Untuk menghindari kekacauan, buatlah pembagian tugas dalam keluarga yang telah disepakati bersama. Misalnya, istri bertugas memasak dan mencuci pakaian, maka sang suami bertugas membersihkan rumah atau halaman. Biasakan menerapkan gotong royong dan kerjasama tim yang kuat.

Rencana Masa Depan

Diskusikan secara matang perencanaan masa depan keluarga, tepatnya di awal pernikahan. Merencanakan jumlah anak berikut rentang usia antar mereka adalah penting untuk memudahkan Anda dalam mencukupi segala kebutuhan anak, baik secara material maupun perhatian dan kasih sayang. Untuk menyukseskannya, Anda dan pasangan dapat memilih metode kontrasepsi yang sesuai. Metode kontrasepsi jangka panjang melalui produk Intrauterine Device (IUD) merupakan salah satu jawaban paling tepat. Karena, alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim melalui vagina ini dapat mencegah kehamilan hingga 99,4%.

Pemasangan IUD yang disarankan langsung setelah melahirkan ini pun terbilang simpel. Anda hanya perlu melakukan pengecekan 3 bulan setelah pemasangan dan selanjutnya kontrol sekali setiap tahun. Selain efektif dan efisien, penggunaan IUD pun tidak akan menganggu aktivitas seksual, serta tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI. Terdapat beberapa varian IUD yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan rentang usia anak, mulai 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Sehingga, dengan menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang, IUD, Anda dan pasangan dapat lebih mudah mengatur rencana masa depan keluarga demi rumah tangga yang sejahtera.

Tentukan Prioritas

Anda perlu menentukan skala prioritas dalam keluarga, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan finansial. Prioritaskan kebutuhan yang menyangkut sandang, pangan, dan papan secara maksimal dan strategis. Tidak lupa perhatikan pula dana kesehatan dan pendidikan anak. Buat anggaran dan pemetaan keuangan yang tepat agar semua kebutuhan dapat berjalan lancar.

 

Luangkan Waktu Berkualitas

Bagi pasangan sibuk yang sama-sama bekerja, tentu quality time perlu diluangkan minimal satu bulan sekali. Ajak pasangan dan anak Anda berlibur sejenak ke luar kota, atau bahkan hanya menikmati momen kebersamaan dengan piknik simpel di halaman rumah. Keceriaan dan kebersamaan dalam rumah tangga penting untuk mempererat keharmonisan keluarga. (Foto: Pixabay)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: