5 Kuliner di Bali Enak dan Halal

Banyak makanan bercitarasa tradisional Bali yang tidak menggunakan unsur alkohol ataupun sajian daging babi.
, Majalah Kartini | 05/01/2017 - 17:00

10-kuliner-di-bali-enak-dan-halal

MajalahKartini.co.id – Saat liburan di Bali selain menikmati keindahan dan keunikan wisata serta budaya Bali, kadang kala wisatawan khawatir tak menemukan wisata halal termasuk makanan khas halal yang bisa disinggahi. Restoran ayam goreng cepat saji dan masakan Padang tentu sudah membuat Anda bosan. Sejatinya, banyak makanan bercitarasa tradisional Bali yang tidak menggunakan unsur alkohol ataupun sajian daging babi. Rasanya otentik dan tentunya menggugah selera.

1. Raja’s Balinese Resturant

lima-kuliner-di-bali-enak-dan-halal5
Raja Balinese merupakan restoran fine-dining pertama Bali yang bersertifikat halal. Restoran ini ingin memastikan siapapun, termasuk muslim, dapat menikmati lezatnya makanan tradisional Bali yang biasanya banyak menggunakan daging babi. Secara interior, tempat makan dihiasi dengan ornamen tradisional. Pengunjung merasa layaknya keluarga kerajaan saat bersantap di Raja’s Balines Restaurant.

Menunya mulai bebek betutu yang legendaris karena dibumbui 16 bahan rahasia dan dibungkus daun palem.Menu lain seperti sate lilit gurih dengan aroma sereh. Sebagai makanan penutup, jajanan tradisonal Bali siap disajikan. Salah satunya adalah Rayun Penyineb Bali Sane Kasub yang terdiri dari santan, puding kacang hijau, ketan kelapa, pisang gorengm serta panekuk pandan isi nangka dan gula. (Foto: Nowbali.com)

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

lima-kuliner-di-bali-enak-dan-halal1

Berjarak 15 menit dari Ubud, konsumen bisa menemukan nasi ayam terbaik dan terpedas seantero Bali. Pengunjung bisa menikmati nasi ayam di saung tradisional bali dengan suasana pedesaan dan pekarangan luas. Seporsi nasi ayam disajikan bersama lawar atau sayuran khas Bali, sate lilit, serta lauk pauk lainnya. Tak ketinggalan, sambal ekstra pedas yang membuat konsumen mendesis ketagihan. (Foto: Tripadvisor/com)

3. Nyoman Cafe, Jimbaran

lima-kuliner-di-bali-enak-dan-halal2
Liburan ke Bali belum lengkap bila tidak menikmati sajian seafood di Jimbaran. Salah satunya adalah Nyoman Cafe, menyajikan hidangan udang dan kerang segar dengan saus tomat dan bawang putih atau saus pedas. Tak suka pedas, coba pesan udang atau ikan kakap dengan garlic butter. Semua makanan semakin lengkap ditemani es kepala muda beserta deburan ombak dan pasir menggelitik di kaki. (Foto: Urukyu.wordpress.com)

4. Warung Wardani

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Meski tempatnya sederhana tanpa AC, warung Wardani menyajikan nasi campur Bali yang rasanya enak. Semua lauk diletakkan di etalase sebelum dipilih pembeli, Ada udang goreng tepung, dendeng sapi, sate lilit, sate sapi, ayam suwir, tumis kacang panjang, telur bumbu bali, sampai sambal matah. Setelah konsumen memesan, sepiring nasi putih akan dihidangkan dengan aneka lauk pauk khas Bali. Udang goreng tepung renyah atau sate sapi empuk siap tersaji. Harganya ramah di kantong, berkisar Rp 17.500-Rp 30.000 per porsi tergantung lauknya. (ulinulin.com)

5. Ayam Betutu Pak Man

lima-kuliner-di-bali-enak-dan-halal4
Jika sedang berada kawasan Kuta, Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man bisa menjadi pilihan. Ayam betutunya terkenal nikmat dengan kuah penuh rempah dan pedas, aroma sereh dan kunyit yang kentara, menambah rasa pada daging ayam yang cenderung padat. Bumbunya sendiri sudah begitu merasap ke dalam daging, menjadikan daging ayam begitu lengas.

Bagi pengunjung yang tak doyan aroma sereh dan kunyit, pilih saja ayam betutu goreng. Bedanya, ayam betutu yang sudah dibakar kemudian diproses kembali dengan cara digoreng. Tak hanya ayamnya saja yang digoreng, bumbunya pun digoreng menjadi kremes. Menu lain seperti sate lilit, bebek betutu atau bebek goreng dan ayam suwir. Sementara pilihan sayuran, bisa urap kacang, pelecing kangkung, jukut ares, atau lawar bali. (Foto: lytampfamily.com)

Nah, mudah kan mencari makanan tradisional Bali yang halal. (Sundari)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: