5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Mata

Simak beragam makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan mata Anda.
, Majalah Kartini | 30/08/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Banyak yang mengklaim bahwa kerusakan mata diakibatkan oleh usia yang sudah menua, tetapi penelitian mengatakan bahwa gaya hidup yang sehat menjadi pengaruh terbesar untuk kesehatan mata. Artikel kali ini membahas tentang 5 makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan mata yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

Ubi Jalar

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, mangga dan aprikot tinggi akan beta-karoten yaitu bentuk vitamin A yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan mata pada malam hari. Namun diantara semua jenis, ubi jalar memiliki lebih dari setengah vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari.

Brokoli

Jenis sayur yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel-sel di mata Anda dari radikal bebas dan melindungi retina.

Ikan Salmon

Anda dapat menemukan asam lemak omega-3 pada ikan salmon yang berfungsi untuk melindungi mata dari AMD dan glaukoma juga mencegah mata kering. Omega-3 juga dapat ditemukan pada ikan tuna, ikan trout dan makanan laut lainnya.

Paprika

Satu buah paprika mengandung vitamin C paling banyak per kalori yang dapat menurunkan resiko mata katarak dan baik menjaga kesehatan pada pembuluh darah di mata Anda. Disarankan untuk mengonsumsi paprika saat mentah karena panas dapat menghilangkan vitamin yang terkandung didalamnya.

Telur

Kuning telur yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada bagian mata Anda agar dapat menghalangi cahaya biru berbahaya yang dapat merusak retina Anda sehingga penglihatan mata dapat terkontrol.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: