5 Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi

Pada kebanyakan kasus, penyebab bibir sumbing tidak diketahui secara pasti. Oleh karenanya, kondisi ini pun akhirnya jarang dapat dicegah.
, Majalah Kartini | 17/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.idBibir sumbing adalah kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah di bibr. Bisa terdapat di tengah, kanan, atau bagian kiri bibir. Selain di bibir atas, sumbing juga bisa terjadi pada langit-langit mulut atau disebut dengan langit-langit sumbing.

Foto: Istimewa

Pada kebanyakan kasus, penyebab bibir sumbing tidak diketahui secara pasti. Oleh karenanya, kondisi ini pun akhirnya tak dapat dicegah. Namun, para ahli menduga kalau penyebab bibir sumbing yang paling umum adalah karena faktor keturunan yang mungkin dipicu juga oleh faktor dari luar. Beberapa faktor berikut ini bisa meningkatkan risiko memiliki bayi yang terlahir sumbing. Di antaranya adalah:

  1. Genetik

Bayi yang lahir dari orang tua dengan kondisi bibir sumbing dan langit-langit sumbing atau memiliki saudara dengan keadaan tersebut lebih berisiko mengalami kondisi yang sama.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Dilarang Bagi Ibu Hamil

  1. Gender

Bayi laki-laki dua kali lebih berisiko mengalami cacat lahir ini dibanding bayi perempuan. Pada bayi laki-laki, kondisi bibir sumbing bisa terjadi dengan atau tanpa disertai langit-langit sumbing. Sedangkan langit-langit sumbing tanpa disertai bibir sumbing lebih umum terjadi pada bayi perempuan.

  1. Diabetes

Ada sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa wanita yang didiagnosa menderita diabetes sebelum masa kehamilan berisiko tinggi melahirkan bayi dengan bibir sumbing. Obesitas selama masa kehamilan. Bayi dari ibu penderita obesitas berisiko terlahir dengan bibir sumbing atau langit-langit sumbing.

  1. Paparan zat kimia

Polusi atau paparan bahan kimia dari luar yang masuk dalam tubuh ibu, entah lewat makanan atau saluran pernafasan, juga dapat menjadi penyebab bibir sumbing berikutnya. Ibu yang merokok dan mengonsumsi alkohol selama masa kehamilan berisiko melahirkan bayi dengan kondisi bibir sumbing dan langit-langit sumbing. Selain itu, konsumsi tablet kortikosteroid dan obat-obatan antikejang pada masa awal kehamilan juga bisa menyebabkan bibir sumbing.

  1. Makeup

Penggunaan makeup yang mengandung air shave atau Hg bisa menjadi penyebab bibir sumbing. Tidak hanya menyebabkan sumbing bibir, isi air raksa inan bisa menyebabkan kelainan konginetal lainnya.

Baca Juga: Manfaat Jalan Pagi Bagi Ibu Hamil Tua

Ketahui Gejala Awal

Setelah mengetahui beberapa penyebab bibir sumbing, untuk para calon ibu harus mengetahui gejalanya. Agar bayi nantinya bisa terlahir sehat dan tak kekurangan suatu apapun. Gejala tersebut  bisa langsung terlihat pada saat bayi lahir. Ditandai dengan adanya celah di bibir bagian atas atau di langit-langit mulut. Ini bisa berdampak pada salah satu atau kedua sisi wajah.

Adanya celah di bibir yang bisa terlihat seperti sobekan kecil atau sobekan memanjang dari bibir ke gusi atas, dan langit-langit mulut hingga ke bawah hidung. Adanya celah pada langit-langit mulut yang tidak mempengaruhi tampilan wajah. Anak dengan langit-langit sumbing cenderung lebih sering mengalami infeksi telinga berulang dan akumulasi cairan pada telinga.

Hal ini dikarenakan otot pada langit-langit terhubung dengan telinga bagian tengah. Bila otot tersebut tidak berfungsi dengan benar, cairan akan terkumpul pada telinga dan dapat mengakibatkan pendengaran menurun. Penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memantau pendengaran anak secara berkala.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: