5 Cara Tepat agar Anak Gemar Menabung

Sesuai perkembangan usia anak, orang tua dapat mengajari si anak konsep menabung secara utuh, tahap demi tahap. Oleh karenanya, orang tua juga harus paham betul apa itu menabung.
, Majalah Kartini | 30/03/2019 - 14:00

Foto: Shutterstock

MajalahKartini.co.id – Menabung adalah hal yang penting. Oleh karena itu, sikap gemar menabung perlu ditanamkan dalam diri anak-anak sedini mungkin agar kebiasaan baik ini berguna dalam kehidupannya kelak. Menurut praktisi psikologi anak Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, waktu yang tepat untuk memperkenalkan anak membiasakan diri dalam menabung dapat dilakukan sejak anak berusia 6 tahun, yaitu saat si anak telah memasuki tahap “konkrit operasional” (dapat berpikir sesuai hipotesis yang sederhana).

Nah, bagaimana menanamkan kebiasaan menabung yang tepat untuk anak sesuai usianya? Simak lima cara tepat agar anak menjadi gemar menabung berikut ini!

Baca Juga: 8 Tips Kenalkan Uang pada Anak dengan Menabung

  1. Beri Contoh Konkrit

    Teladan yang paling baik untuk anak-anak adalah orang tua mereka sendiri. Oleh karenanya, tunjukkan pada anak, saat kita menabung sekecil apapun. Ajaklah mereka ke bank saat kita menyimpan sejumlah uang, lalu berikan pemahaman akan pentingnya menabung.

  2. Beri Penjelasan dengan Bahasa Sederhana

    Kenalkan anak-anak tentang konsep nilai uang dan tabungan itu sendiri dengan bahasa yang dimengerti oleh mereka sesuai perkembangan usia.

  3. Jangan Memakai Tabungan Anak

    Jika anak-anak masih di usia balita dan belum cukup mengerti tentang konsep tabungan secara utuh maka ambil peran kita sebagai orang tua untuk melindungi tabungan mereka dan jangan memakainya untuk keperluan yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita.

  4. Bebaskan Anak untuk Membelanjakan Tabungan

    Biarkan mereka menggunakan uang hasil tabungannya untuk membeli mainan atau barang yang
    mereka inginkan. Satu hal penting, jangan biasakan menggunakan seluruh isi tabungan untuk keperluan konsumtif tersebut.

  5. Bimbing Anak dalam Memilih Barang yang Dibelanjakan

    Arahkan dan bimbing anak menentukan skala prioritas dan kegunaan barang yang dibeli. Dengan demikian, mereka lebih dapat menghargai barang yang dibeli dengan uang tabungan mereka sendiri.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: