5 Cara Sederhana Melatih Empati Anak

Rasa empati ini seharusnya diajarkan pada anak sejak dini, sehingga nantinya anak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain
, Majalah Kartini | 20/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.idEmpati merupakan kemampuan dalam memahami dan merasakan emosi yang dialami orang lain. Empati juga tahu bagaimana cara merespon sesuai apa yang orang lain harapkan. Namun nyatanya, di zaman ini perubahan gaya hidup membuat seseorang lebih cuek pada sekitar. Tak jarang mereka hanya fokus pada dirinya sendiri.

Foto: Istimewa

Rasa empati ini seharusnya diajarkan pada anak sejak dini. Sehingga nantinya anak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Sehingga anak juga bisa menempatkan dirinyaa. Tak hanya itu, anak juga memberikan segenap jiwanya pada orang lain. Rasa empati memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan. Maka dari itu sejak dini kita memang harus mengajarkan anak mengenai perasannya. Agar nantinya bisa memiliki perasaan yang terdalam terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain. Untuk itulah pentingnya rasa empati harus dimiliki oleh setiap anak. Juga bisa menunjukkan rasa empati dan cinta kasih di antara sesama manusia.

Jika orang tua berpikir bahwa menumbuhkan empati pada anak itu susah, salah besar. Faktanya, mengasah rasa empati anak dapat dilakukan sejak dini. Salah satunya dengan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan setiap saat. Di bawah ini berbagai cara untuk menumbuhkan rasa empati pada anak.

  1. Memastikan kebutuhan emosional anak terpenuhi

Agar seorang anak dapat merasakan dan mengekspresikan rasa empatinya kepada orang lain, pastikan bahwa kebutuhan emosionalnya sendiri sudah dipenuhi terlebih dahulu. Jadi sebagai orang tua, pastikan anak mendapatkan dukungan emosional sebelum mereka memberikannya kepada orang lain.

  1. Menunjukkan rasa simpati melalui perasaan

Cara mengajarkan anak adalah dengan memperlihatkannya terlebih dahulu mengenai rasa simpati melalui perasaan. Misalnya saat melihat seorang anak kurang mampu di jalanan. Kemudian orang tua memberikan makanan atau uang. Orang tua harus sambil memberikan pengertian pada anak. Bahwa di luaran sana masih ada anak lain yang membutuhkan bantuan, dan hidupnya masih sangat kekurangan.

Baca Juga: Cara Melatih Kecerdasan Emosional Anak

  1. Meminta anak mempraktikkannya langsung

Setelah memberikan pengertian pada anak, Anda juga bisa langsung memintanya mempraktikkan. Misalkan dengan secara sengaja memberikan anak makanan. Lalu meminta mereka memberikannya pada anak yang ada di jalanan dengan tangannya sendiri. Sehingga anak pun akan merasakan secara langsung dan menumbuhkan perkembangan atensi anak dan sikap empatinya.

  1. Melatih anak melalui ketegasan

Terkadang sebagai orang tua melatih dengan ketegasan juga diperlukan. Hal ini bisa membantu anak agar tidak pernah menyepelekan orang lain. Cara ini juga melatih anak memiliki rasa empati pada lingkungannya. Contohnya, menasihati anak saat berteriak meminta bantuan pada asisten rumah tangga. Beri pengertian secara tegas pada anak, bahwa ada hal yang masih bisa dilakukannya sendiri. Sehingga tidak perlu berteriak-teriak seperti itu.

  1. Mengajarkan rasa tanggungjawab pada anak

Mengajarkan rasa tanggung jawab juga bisa membuat anak menumbuhkan rasa empatinya sejak dini. Karena dengan mengajarkan tanggungjawab anak pun akan mengerti mengenai hal-hal yang harus dilakukannya dan yang tidak perlu dilakukannya.

Demikian cara sederhana tersebut dapat diterapkan oleh orang tua untuk melatih anak berempati sejak dini di lingkungan sekitarnya.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: