43,3 Persen Perempuan Idap Kanker Paru Akibat Rokok

Perokok pasif dan hand smoker memiliki potensi 4-5 kali terkena penyakit akibat rokok dibanding perokok aktif.
, Majalah Kartini | 31/01/2017 - 13:34

43 3 Persen Perempuan Idap Kanker Paru Akibat Rokok

MajalahKartini.co.id – Dari data WHO saat ini, penyakit yang diakibatkan rokok saat ini memang cukup tinggi. Rokok adalah penyebab kematian tertinggi seperti kanker paru, kanker paru kronik dan stroke. Dr. dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) selaku Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan, RSUP Persahabatan mengungkapkan kasus terbaru ini meningkat dari tahun 2.000 sebanyak 200 kasus per tahun menjadi 2.000 kasus di tahun 2015-2016.

“Dari data kami, yang menderita kanker paru laki-laki yang perokok 83,5% sedangkan yang perempuan 43,3%, kasus. Dari dua data RS. Persahabatan ini, penderita kanker kronik pada tahun 2.000 terdapat 300 kasus pertahun menjadi 1.000 lebih pada 2015-2016, meningkat tiga kali lipat. Jadi kita bisa melihat faktanya langsung di RS. Persahabatan,” jelas dr Agus pada talkshow kampanye Penyakit yang Diakibatkan Rokok di Jakarta, Jumat (27/1).

Jika dilihat bahaya rokok karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, apabila dihisap setiap hari dan menumpuk maka akan menimbulkan dampak yang bermacam-macam. “Salah satu yang berisiko dan yang terkena adalah pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya penyempitan. Dan juga terjadi gangguan pada pergerakan yang akan mengakibatkan stroke,” lanjut dr. Agus.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika dilihat dari data bahwa 50-70% perokok ingin berhenti merokok tapi yang hanya bisa berhasil untuk berhenti tersebut hanya sekitar 5%. Ada dua aspek yang dilihat penelitian aspek dari penggunanya yang susah untuk menghilangkan kebiasaan dan yang kedua aspek lingkungan. (Foto: Andim)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: