4 Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan

Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi untuk olahraga lari? Maka pembahasan kali ini tepat menjadi rekomendasi.
, Majalah Kartini | 31/08/2018 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Umumnya, olahraga lari dilakukan di pagi hari atau sore hari karena pada jam-jam tersebut kondisi matahari tidak begitu terik sehingga bersahabat untuk kenyamanan udara ketika Anda berlari. Namun, siapa sangka, lari di siang hari juga tak kalah menyehatkan. Tak heran, dalam kemiliteran aktivitas lari siang kerap dilakukan untuk menjaga stamina para prajurit. Menyontek dari aktivitas tersebut, mengapa Anda tidak mencoba lari di siang hari untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Poin-poin di bawah ini jawabannya.

1. Cepat Turunkan Berat Badan

Dalam cuaca yang panas dan lembap memungkinkan tubuh akan cepat berkeringat dan mendesak enzim-enzim  pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam menghancurkan lemak dalam tubuh, termasuk pada orang orang yang mengalami kegemukan ekstra atau obesitas. Maka, bagi Anda yang ingin cepat menurunkan berat badan disarankan memilih olahraga lari siang.

2. Baik untuk Jantung

Sama halnya seperti lari dipagi hari, manfaat lari siang hari dapat menstabilkan peredaran darah menuju jantung, mengkuatkan katup jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh akan tetap prima dan mampu mempertahankan kekuatan otot serta stamina untuk melakukan aktivitas yang mungkin membutuhkan tenaga lebih di sore dan malam hari.

3. Hambat Sel Kanker

Olahraga siang memang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat dan memacu jantung lebih cepat, namun efek tersebut sangat baik untuk pencegahan pergerakaan sel kanker pada seseorang yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga. Sel kanker tidak mampu berkembang dan tumbuh pada tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang selalu sehat dan daya tahan tubuh yaang stabil.

4. Mencegah Stres

Stres yang berlebihan dapat mengacaukaan keseimbangan metabolisme tubuh dan jantung. Untuk menurunkan kadar stres dalam diri, maka lari siang bisa menjadi alternatif terbaik. Meski lari di siang hari tetapi tetap pilih tempat yang nyaman, seperti di taman kota atau area hijau lainnya. (*)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: