4 Jenis Pengobatan untuk Penyakit Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru yang tumbuh di dalam tubuh harus segera ditangani dengan tepat. 
, Majalah Kartini | 16/11/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Jika kanker paru-paru sudah terdeteksi di dalam tubuh, langkah yang harus diambil adalah pengobatan dan penanganan. Tindakan pengobatan dan penanganan kanker paru-paru dilihat dari jenis, ukuran, posisi kanker dan juga stadium kanker yang diderita. Selain itu juga, kesehatan penderita juga berpengaruh dalam menentukan pengobatan yang bisa dijalani.

Berikut ini beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit kanker paru-paru:

1. Pengangkatan kanker paru-paru

Pengangkatan kanker paru-paru dilakukan dengan cara operasi. Hal ini bisa dilakukan jika kanker hanya berada di satu sisi paru-paru saja dan belum menyebar. Bukan hanya itu, kondisi kesehatan pada si pasien juga harus diperiksa. Apakah memungkinkan untuk dilakukan operasi. Tindakan operasi pengangkatan kanker paru-paru ini biasanya merupakan langkah awal yang kemudian dilanjutkan dengan kemoterapi untuk mematikan sel-sel kanker yang tersisa.

2. Radioterapi

Pengobatan dengan cara radioterapi adalah menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel kanker. Tindakan ini dilakukan terutama pada kondisi pasca operasi. Dan prosedur ini juga bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa. Jika penderita sudah tidak mungkin untuk dilakukan operasi, radioterapi bisa dilakukan untuk meredakan gejala atau rasa sakit dan memperlambat tingkat penyebaran kanker pada tubuh.

Pengobatan dengan cara ini memiliki kemungkinan efek samping. Di antaranya batuk hingga mengeluarkan dahak bercampur darah, timbul rasa sakit pada bagian dada, kesulitan ketika menelan, kulit mengalami kemerahan dan rasa perih serta sering merasa kelelahan.

Halaman:   1 2

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: