Tiga Patung Tertinggi di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Siapa sangka, patung terkenal di Amerika Serikat, Liberty, tidak masuk TOP 3 patung tertinggi sedunia.
, Majalah Kartini | 13/09/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Keberadaan sebuah patung di suatu daerah atau negara kerap menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi wisatawan. Apalagi jika patung tersebut memiliki keunikan dan nilai sejarah yang tinggi. Tak terkecuali patung Garuda Wisnu Kencana di Bali yang terkenal karena tingginya mengalahkan salah satu patung terkenal di dunia, Patung Liberty. Berikut ini adalah tiga patung tertinggi di dunia yang mungkin belum Anda ketahui:

Spring Temple Buddha

Spring Temple Buddha merupakan patung tertinggi  di dunia yang berada di Tiongkok (China). Ukuran patung ini mencapai 153 meter termasuk di antaranya 20 meter alas bunga teratai dan 25 meter fondasi patung. Jika dihitung ukuran patungnya saja, Spring Temple Buddha ini tetap menjadi patung tertinggi di dunia dengan ukurannya yang mencapai 128 meter.

 

Laykyun Setkyar

Patung tertinggi kedua di dunia berada di Myanmar. Patung Laykyun Setkyar berukuran tinggi total 130 meter. Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung Buddha Gautama ini berdiri kokoh setinggi 116 meter. Patung ini berada satu kawasan dengan patung Reclining Buddha yang sama-sama berukuran jumbo.

 

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan patung yang berada di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Patung GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi mencapai 121 meter dari atas tanah. Sementara patung Liberty hanya sekitar setinggi 93 meter dengan konstruksi setinggi 96 meter. Menarik, bukan? (*)

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: