2019 Mulai Hidup Sehat dengan Mengurangi Minuman Manis!

Mengonsumsi gula dari minuman manis secara berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan Anda.
, Majalah Kartini | 04/01/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Tahun lalu, banyak tren kuliner termasuk aneka jenis minuman manis yang bermunculan dan disukai banyak orang. Mulai dari bubble tea, iced thai tea, cheese tea, jus mangga atau alpukat dengan whipped cream di atasnya dan sejenisnya. Nah, jika tahun lalu Anda termasuk konsumen minuman manis, maka tahun ini yuk kita hidup lebih sehat dengan mengurangi konsumsi gula yang dapat berpengaruh pada kesehatan.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W mengungkapkan, konsumsi gula berlebih tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu penimbunan lemak tubuh. Bahkan berisiko meningkatkan risiko kesehatan seperti diabetes, kegemukan, sakit jantung, kolesterol, kerusakan gigi, hingga penuaan dini.

“Dalam jangka pendek dapat menyebabkan meningkatkan glukosa darah, craving atau cepat lapar, dan kecanduan. Sehingga kita lebih ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis,” ungkap dr. Ervina (2/1). dr. Ervina memberikan beberapa tips agar konsisten mengurangi manis. Pertama, mulailah membaca informasi atau keterangan nutrisi yang tertera dalam kemasan minuman. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 menyatakan bahwa asupan gula yang baik dikonsumsi adalah sebanyak dua sendok makan atau 25 gram per hari.

“Boleh juga dibantu dengan mengecek asupan gula harian di aplikasi kesehatan. Beberapa aplikasi memberikan informasi gizi atau nutrition fact. Informasi tersebut dapat membantu dalam mengontrol gula harian,” jelasnya.

Kedua, kombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat pada makanan. Kombinasi tersebut dapat memperlambat pelepasan gula darah ke dalam tubuh dan membuat kenyang lebih lama. Ketiga, secara kurangi gula secara perlahan dengn tidak langsung menguranginya dalam jumlah yang banyak atau mendadak.

“Ganti gula yang tinggi kalori dengan pemanis rendah kalori pada makanan dan minuman. Pilih yang tidak berubah rasa pada pemanasan. Beli makanan atau minuman tanpa pemanis atau substitusikan dengan gula pemanis rendah kalori,” paparnya. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: