15 Jenazah Korban KKB di Papua Ditemukan, Evakuasi Terhalang Medan Sulit

Lokasi pembantaian beberapa pekerja proyek Trans Papua tersebut berada di medan yang sulit di ketinggian 10 ribu kaki.
, Majalah Kartini | 06/12/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Peristiwa pembantaian kepada sejumlah pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) cukup miris dan mengejutkan. Kronologis penyanderaan dan pembantaian terhadap pekerja PT Istaka Karya tersebut, berdasarkan kesaksian korban selamat berinisial JA, terjadi pada Sabtu, 1 Desember 2018. Para pekerja, dalam kondisi tangan terikat, kemudian dieksekusi dengan tembakan pada keesokan paginya, Minggu (2/12).

Empat pekerja berhasil melarikan diri dan diselamatkan TNI di Pos TNI Mbua, Kabupaten Nduga, Papua. JA menerangkan, setahu dia, ada 19 rekan kerjanya yang tewas akibat tembakan, sementara dua lainnya melarikan diri dan terpisah dari rombongan sehingga tak diketahui nasibnya saat ini.

Hingga kini, personel gabungan TNI-Polri telah menemukan 15 jenazah korban di lokasi kejadian, secepatnya para korban akan dikirim ke Timika atau Wamena.

“Akan berusaha melakukan evakuasi secepatnya, namun semua tergantung cuaca. Kalau cuaca di Wamema bagus akan dibawa ke Wamena, namun bila tidak (baik) akan dibawa ke Timika,” ujar Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Jonatan Binsar P. Sianipar di Mako Yonif 756/WMS (5/12.

Ke-15 jenazah tersebut ditemukan di Distrik Yigi, Nduga. Proses evakuasi belum bisa dilakukan karena kondisi cuaca yang kurang baik, mengingat lokasi penembakan berada di medan yang cukup sulit karena berada di ketinggian 10 ribu kaki.

“Ketinggiannya di atas 10 ribu feet dan medan yang cukup sulit,” ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin (5/12).

Martuani menuturkan, saat musim hujan, hari akan lebih cepat. Saat ini kabut sudah memenuhi Distrik Yigi, Kabupaten Nduga. “Biasanya bulan Desember ini lebih cepat gelap karena hujan. Sekarang sudah berkabut,” imbuh Martuani. (*)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: