Ketahui Poin Berikut Ini Sebelum Menentukan Tabungan untuk Anak

Menumbuhkan kebiasaan menabung bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti apa?
, Majalah Kartini | 27/09/2018 - 15:00

10 Kriteria Terbaik Memilih Tabungan Anak

MajalahKartini.co.id – Sebenarnya menabung adalah suatu kebiasaan, jadi jika Anda sudah dibiasakan untuk menabung sejak kecil, kemungkinan besar menabung sudah tidak sulit untuk dilakukan ketika sudah dewasa. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa menanamkan kebiasaan menabung sejak kecil adalah hal yang tidak penting, padahal justru pada masa kanak-kanak itulah masa yang paling krusial dalam menanamkan kebiasaan menabung.

Di usia anak-anak, mereka hanya akan menerima pelajaran dari apa yang diajarkan oleh orang lain, dan karena masih belum tahu apa-apa, nilai-nilai yang sering ditanamkan pada masa itu akan melekat kuat pada kehidupannya kelak. Jadi alangkah baiknya jika Anda mulai menumbuhkan kebiasaan menabung pada anak Anda sejak dini.

Menumbuhkan kebiasaan menabung bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti menabung di celengan yang dilakukan setiap hari atau setiap minggunya. Setelah mereka sudah cukup besar dan tabungan sudah mulai banyak, Anda bisa membuka tabungan anak untuk mereka. Dengan memiliki rekening tabungan anak, mereka bisa lebih terpacu untuk menabung. Tapi sebelum membuka rekening tabungan anak, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih yang tabungan anak yang terbaik.

Maka ketahui kriteria tabungan anak yang terbaik untuk Anda pilih, seperti di bawah ini:

1. Jumlah setoran awal kecil
Layaknya membuka tabungan pada umumnya, ketika membuka tabungan anak, bank akan meminta sejumlah uang yang akan menjadi setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya pasti lebih kecil dari tabungan biasa, namun setiap bank memiliki perbedaan besaran setoran awal. Pilihlah bank yang meminta setoran awal dengan jumlah terkecil. Hal ini bertujuan agar setoran awal itu bisa dipenuhi dengan uang tabungan sang anak sendiri sehingga membuat mereka merasa bangga memiliki tabungan itu sendiri.

2. Jumlah saldo minimum
Ada beberapa bank yang menetapkan berapa jumlah saldo minimum yang harus ada di tabungan dan ada juga yang tidak. Jadi sebaiknya Anda cari tahu tentang hal ini lebih lanjut supaya tidak salah langkah dan merugi. Biasanya bank yang memiliki ketetapan jumlah saldo minimum akan menagih biaya jika jumlah saldo anak Anda ada di bawah jumlah saldo minimum yang sudah ditetapkan oleh bank.

3. Persyaratan pengajuan mudah
Sebelum membuka tabungan anak, Anda akan diminta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Lebih baik pilih bank yang memiliki persyaratan pengajuan mudah, tujuannya untuk memudahkan Anda saja. Jika proses pengajuannya mudah, jadi Anda tidak perlu repot lagi. Biasanya persyaratan pengajuan yang diminta oleh bank adalah KTP orang tua, akte kelahiran anak, dan umur sang anak saat itu. Proses pembukaan rekening tabungan anak akan semakin mudah jika Anda sudah memiliki rekening di bank yang sama sehingga Anda tidak perlu membuka rekening baru.

4. Buku tabungan atas nama anak
Seperti biasa, setelah memiliki rekening tabungan maka bank akan memberikan buku tabungan. Yang harus Anda perhatikan adalah atas nama siapakah buku tabungan itu. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh pada tabungannya, tapi jika buku tabungan tersebut diatas namakan anak Anda, itu akan menumbuhkan rasa bangga dan senang yang akhirnya berdampak pada kerajinan mereka dalam menabung.

5. Mendapatkan kartu ATM
Dalam tabungan anak di beberapa bank ada yang memberikan kartu ATM dan ada juga yang tidak. Lebih baik Anda memilih bank yang memberikan kartu ATM. Hal ini tujuannya hampir sama dengan buku tabungan atas nama anak, yaitu untuk menumbuhkan rasa bangga sehingga akhirnya sering menabung.

6. Desain kartu menarik
Desain kartu ATM yang lucu akan lebih menarik bagi anak-anak. Terlebih lagi jika nama sang anak bisa tertera pada kartu ATM itu. Mereka bisa semakin bangga karena memiliki tabungan atas nama sendiri dan desain yang menarik. Secara tidak langsung, desain kartu menarik dan nama anak di kartu ATM akan memotivasi anak untuk rajin menabung.

7. Biaya lain-lain
Hal ini sangat perlu Anda ketahui sebelum membuka rekening, karena biaya tabungan ini akan berdampak pada pengurangan jumlah tabungan anak Anda dan bisa mengurangi minat mereka untuk menabung. Ada beberapa biaya lain-lain yang harus Anda ketahui dalam tabungan anak, seperti biaya penutupan rekening, biaya minimal saldo, dan biaya administrasi. Namun kabar baiknya adalah ada juga bank yang tidak mengenakan biaya-biaya tersebut sama sekali. Jadi hal ini wajib Anda pertimbangkan sebelum membuka rekening. Semakin kecil atau bahkan jika tidak ada biaya, maka akan semakin baik.

8. Memiliki promo menarik
Beberapa bank memberikan promo-promo yang menarik dalam tabungan anak. Seperti diskon di tenant anak-anak, mendapat hadiah langsung, dan tambahan bunga. Sebaiknya Anda memilih tabungan anak yang memberikan banyak promo menarik supaya semakin memotivasi anak Anda agar rajin menabung.

9. Memiliki point reward
Tidak semua tabungan anak memiliki point reward, namun hal ini juga layak Anda pertimbangkan karena dengan adanya point reward, anak bisa lebih rajin menabung. Point reward biasanya bisa didapat jika sering menabung dan bisa ditukarkan dengan mainan atau souvenir anak lainnya karena inilah mereka jadi memiliki tujuan yang semakin membuat mereka rajin.

10. Bunga tabungan tinggi
Bunga di tabungan anak memang lebih kecil dari tabungan biasa, tapi setiap bank memiliki bunga tabungan yang berbeda-beda, bisa jadi lebih tinggi daripada yang lain. Semakin tinggi bunga tabungan, semakin baik, karena sang anak bisa lebih merasakan manfaat dari kerajinan menabungnya selama ini. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: