Ternyata ini Bahaya Nasi Dipanaskan Lebih Dari Sekali

Ternyata nasi yang dipanaskan berulang-ulang dapat menjadi salah satu penyebab keracunan makanan.
, Majalah Kartini | 21/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Nasi menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Nasi menjadi makanan utama saat makan pagi hingga malam hari. Namun, beberapa orang kerap tidak menghabiskan persediaan nasi mereka secara langsung. Sehingga harus disimpan kembali dan dihangatkan lagi jika hendak dimakan.

nasi dipanaskan

Fotoo: Istimewa

Namun, penyimpanan nasi yang tidak benar ternyata justru dapat menimbulkan resiko keracunan. Kebanyakan orang terbiasa menyimpan sisa nasi hanya di atas meja makan sebelum akhirnya nasi dipanaskan kembali.

Hal tersebut ternyata salah. Karena beras mentah yang belum dimasak bisa mengandung Spora Bacillus Cereus. Bakteri ini ternyata tetap dapat bertahan hidup bahkan setelah nasi matang. Nah ketika nasi yang sudah matang dibiarkan mendingin di suhu ruangan, bakteri tersebut dapat berkembang biak dan kemudian menghasilkan racun. Hal ini lah yang terkadang menjadi penyebab keracunan makanan.

Baca Juga : 5 Bahan Dasar Membuat Rasa Nasi Putih Menjadi Lebih Gurih

Batas Maksimal 1 Jam

Semakin lama nasi dibiarkan di dalam suhu ruangan, maka bakteri akan semakin berkembang biak. Batas waktu maksimal nasi dapat bertahan di dalam suhu ruangan adalah satu jam. Jika nasi dibiarkan di dalam suhu ruangan lebih dari satu jam, maka dimungkinkan nasi tersebut sudah tidak aman lagi untuk dikonsumsi.

Jika nasi yang dikonsumsi mengandung bakteri Bacillus cereus, maka gejala yang mungkin akan terlihat adalah mengalami muntah-muntah atau diare sekitar satu hingga lima jam sesudahnya. Gejalanya relatif ringan dan biasanya berlangsung sekitar 24 jam.

Untuk menghindari hal ini, maka Anda disarankan untuk tidak berulang kali mendinginkan dan menghangatkan nasi berkali-kali. Usahakan beras yang akan dimasak memiliki porsi yang pas agar tidak terjadi sisa makanan dan nasi dipanaskan berulang-kali.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: