Hepatitis Menyerang Jawa timur, 900 Orang Menjadi Korban

Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa Timur ditetapkan karena ratusan warga terserang penyakit hepatitis A.
, Majalah Kartini | 04/07/2019 - 12:17

MajalahKartini.co.id – Penyakit hepatitis A atau yang dikenal dengan penyakit kuning telah menyerang dan meluas di daerah Jawa Timur. Dikutip dari cnnindonesia.com, sejak ditemukan pertama pada Rabu 8 Mei 2019 lalu, hingga Senin, 1 Juli 2019 jumlah penderita hepatitis mencapai hingga 975 orang.

hepatitis

sumber : istimewa

Dari 975 orang tersebut, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menjadi wilayah yang paling banyak terdapat korban terkenan hepatitis dengan total  527 orang lalu disusul dengan Ngadirojo 176 orang, Sukorejo 82 orang, Tulakan 69 orang, Wonokarto 54 orang, Arjosari 33 orang, Bubakan 25 orang, Tegalombo 5 orang dan Ketrowonojoyo 4 orang.

Atas kejadian ini, Pemerintah Provinsi Jatim pun menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penularan penyakit Hepatitis A. Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Kohar Hari Santoso mengatakan jumlah itu bertambah sejak pada 27 Juni lalu terdata ada 824 orang, lalu 29 Juni naik menjadi 924 orang, kemudian 30 Juni terus naik menjadi 957 orang.

Meski begitu, persentase angka penderita hepatitis A tersebut sudah mulai menurun. “Artinya peningkatannya mulai melandai. Mudah-mudahan betul di lapangan jumlah orang yang sakit hepatitis A di Pacitan tidak semakin bertambah,” ujar Kohar di Kantor Dinkes Jatim, dikutip dari cnnindonesia.com.

Untuk terus menekan angka tersebut, Kohar pun menginstruksikan jajarannya segera melakukan penelitian epidemologi, agar dapat menghentikan penyebaran penyakit tersebut.
“Kemudian mensosialisasikan ke masyarakat terutama tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), mereka buang air besar, cuci tangan, air minumnya. Kemudian bagaimana makanan tidak terkontaminasi dan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” jelas Kohar.

Baca Juga : Kondisi Membaik, Risma Akhirnya Diperbolehkan Pulang

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: