Yuk, Bikin Sendiri Popok Bayi Anda di Rumah

Pernahkah Anda terpikir untuk membuat popok kain sendiri di rumah? Sebenarnya Anda bisa lho membuat sendiri, begini caranya.
, Majalah Kartini | 19/02/2018 - 18:02

MajalahKartini.co.id РTerkadang Anda tak punya waktu membuat popok kain di rumah karena banyaknya kesibukan. Padahal popok kain sangat bermafaat jika persediaan popok sekali pakai habis atau saat kulit si kecil mengalami alergi. Sebelum marak penggunaan popok sekali pakai atau disposable diapers, orangtua di zaman dulu memakaikan anak mereka dengan popok kain. Kini seiring berkembangnya zaman, kepraktisan menjadi hal utama dalam memilih popok.

Namun, belakangan ini popok kain atau cloth diapers mulai kembali digemari dan semakin tersebar informasinya di internet. Ada banyak alasan mengapa memilih popok kain, antara lain tidak menimbulkan iritasi pada kulit, bisa dicuci ulang dan dipakai berkali-kali, dan tidak menimbulkan tumpukan sampah.

Langkah pertama Anda bisa mengganti kain fleece dengan kain kaos yang lembut/kain katun tipis/kain flanel agar si kecil tetap nyaman. Untuk menyiasati microfiber jika Anda susah untuk mendapatkannya, maka ganti dengan handuk yang lembut. Sedikit saran, Anda bisa mengganti kain fleece dengan kain kaos yang lembut agar si kecil tetap nyaman saat memakainya. Jika Anda susah untuk mendapatkan microfiber, Anda bisa mensiasatinya dengan mengganti handuk halus dan lembut.

Berikut langkah membuat popok di rumah seperti yang dihimpun dari laman Zona Kreatif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

1. Persiapkan Celana Bayi yang Sudah Jadi
Pertimbangkan dalam memilih celana bayi, pilihlah dengan bahan yang lembut dan masih bagus.

2. Letakan Kain Fleece

Kemudian balik celana bayi kemudian letakanlah kain fleece yang sudah dipersiapkan ditengah-tengah celana secara memanjang dari posisi depan ke belakang seperti diapers pada umumnya.

3. Jahit Kain Fleece

Mulai-lah mejahit dari sisi kanan dan kiri (usahakan benangnya sesuai dengan warna bahan yang digunakan biar lebih kelihatan rapi). Biarkan sisi atas dan bawah untuk memasukkan microfiber.

4. Lipat Microfiber 

Lalu lipat microfiber menjadi beberapa bagian (bisa 4 atau 3 lipatan),kemudian selipkan diantara kain fleece dan celana bayi tanpa dijahit.

5. Yes, Sudah Selesai
Kamu sudah mempunyai popok kain modern (clodi) buatan sendiri dan bisa langsung dipakaikan pada sang buah hati. Walaupun bentuknya tidak sebagus membeli dipasaran, namun fungsinya hampir sama. (Foto: Pixabay)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: