Ini 10 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas yang Anda Tidak Tahu

Kandungan antioksidan pada teh ternyata dapat berguna untuk beberapa hal.
, Majalah Kartini | 22/11/2017 - 11:34

MajalahKartini.co.id – Banyak orang tidak tahu kantong teh celup ternyata dapat digunakan untuk berbagai hal. Kantong teh celup tersebut penuh dengan antioksidan yang bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar membuat minuman lezat. Dilansir Times of India, ini 10 manfaat dari kantong teh celup bekas:

1. Menambah rasa pasta

Bila Anda berencana membuat pasta, coba celupkan kantung teh tersebut saat air mendidih. Keluarkan kantung teh sebelum memasukkan pasta agar rasanya lebih menyerap ke dalam pasta.

2. Bercocok tanam

Kantong teh celup dan air teh juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Teh dengan kandungan antioksidan akan melindungi tanaman dari infeksi jamur. Anda juga bisa membuka kantung teh celup dan mengambil daun teh tersebut dicampurkan dengan lapisan atas tanah agar membuatnya lebih subur.

3. Menghilangkan bau pada sepatu

Masukkan kantong teh celup bekas yang sudah kering ke dalam sepatu. Hal tersebut berguna untuk mencegah bau karena teh menyerap bau tak sedap dalam sepatu.

4. Menghilangkan bau pada karpet

Tidak hanya menghilangkan bau pada sepatu, kantong teh celup juga bermanfaat menghilangkan bau tak sedap pada karpet dan keset. Caranya, basahi kantong teh dengan air hangat, robek kantongnya dan ratakan daun teh yang lembab pada karpet atau keset. Biarkan hingga daun mongering, lalu sedot dengan penyedot debu. Bila ingin lebih wangi, Anda bisa memilih teh dengan rasa lemon atau mint.

5. Pembersih kaca

Anda juga bisa membersihkan kaca jendela atau pintu dengan kantong teh celup. Caranya, rebus lagi kantong teh itu, lalu gunakan airnya untuk membersihkan kaca.

6. Pedikur

Kandungan dalam teh dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membantu peremajaan kulit. Apabila Anda seharian memakai sepatu hak tinggi, teh juga bisa membantu melemaskan otot, merawat kaki yang lelah, menghilangkan nyeri atau bengkak pada kaki.

7. Kondisioner rambut

Air teh juga dapat berguna sebagai kondisioner rambut. Selain bisa membantu menguatkan batang rambut, teh juga bisa membuat rambut lebih tebal dan tampak lurus.

8. Menghilangkan lemak pada cucian kotor

Lemak dan minyak yang menempel pada piring kotor juga bisa dihilangkan dengan mudah. Tinggal celupkan the ke air hangat selama beberapa waktu lalu gunakan air tersebut untuk mencuci piring.

9. Mandi dengan air antioksidan

Daun teh yang diperkaya antioksidan dapat membantu meremajakan kulit. Tinggal celupkan kantong teh ke bak mandi Anda. Air the akan menghilangkan bau badan tak sedap dan kulit mati.

10. Penyegar ruangan

Anda dapat meneteskan atau menyemprotkan sedikit minyak pengharum favorit Anda ke kantong the celup bekas tersebut. Lalu gantungkan dimana pun yang Anda mau, baik di rumah, kantor atau mobil. Hal tersebut bisa bertahan dan menyegarkan ruangan Anda. (Cindy/ foto: ilustrasi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: