6 Tips Berpakaian Nyaman Saat Naik Pesawat

Anda bisa merasa jauh lebih nyaman selama penerbangan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.
, Majalah Kartini | 24/09/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Perlunya memerhatikan pakaian yang dikenakan saat naik pesawat bertujuan agar Anda merasa nyaman selama perjalanan, terlebih untuk menghadapi penerbangan jarak jauh. Dilansir dari Smarter Travel, berikut ini tips berpakaian saat naik pesawat.

1. Pakaian berlapis
Suhu di dalam kabin pesawat terkadang dapat berubah-ubah, dari dinginnya pendingin ruangan hingga hangat sinar matahari. Disarankan untuk memakai pakaian berlapis seperti scarf lebar atau pashmina guna menutup tubuh saat kedinginan. Tambahan lain, seperti cardigan, vest maupun jaket juga dapat berguna.

2. Perhatikan jenis kain
Pakailah pakaian dengan jenis kain yang tidak terasa gerah saat dikenakan. Biasanya jenis kain, seperti katun, linen dan sutra. Kain yang tidak mampu menyalurkan udara dapat menahan keringat di kulit dan membuat badan Anda terasa kotor.

3. Pakaian yang longgar
Pakaian yang longgar dapat menurunkan risiko Deep Vein Thrombosit (DVT) atau pembentukan gumpalan darah di vena dalam. DVT kerap terjadi pada pejalan yang sering naik pesawat akibat terlalu lama duduk di tempat sempit. Hindari memakai celana kulit, skinny jeans atau celana legging yang ketat. Hindari pula memakai baju ketat yang bisa menimbulkan bekas di kulit Anda.

4. Kaus Kaki
Biasakan mengenakan kaus kaki dan sepatu saat di pesawat sehingga terhindar dari kuman. Jika lelah memakai sepatu, Anda dapat menggantinya dengan sandal. Namun Anda harus tetap mengenakan kaus kaki.

5. Sepatu
Jika Anda terbang jarak jauh, untuk perempuan cukup gunakan flat shoes dan hindari sepatu hak tinggi. Untuk pria, bisa memakai sepatu slip-on. Kenakan sepatu tak bertali dan hindari sepatu dengan hiasan berbahan metalik. Hal ini memudahkan Anda saat pemeriksaan di bandara.

6. Stocking kompresi
Penderita DVT atau varises dapat menggunakan stocking kompresi. Stocking elastis ini dapat melancarkan sirkulasi darah. Beberapa dokter juga menyarankan agar ibu hamil mengenakan stocking ini saat berada di pesawat. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: