5 Tips Keamanan Saat Berkendara dengan Transportasi Online

Agar aman dan nyaman sepanjang perjalanan, Anda perlu memperhatikan tips dalam berkendara dengan transportasi online berikut ini.
, Majalah Kartini | 23/09/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Saat ini transportasi online lebih memiliki banyak peminat dibandingkan transportasi masal, seperti bus kota atau kereta. Selain lebih praktis, mencari transportasi online juga dapat lebih mudah dan cepat bagi para pemburu waktu guna membelah kemacetan kota. Meski demikian, tetaplah berwaspada ketika naik transportasi online, seperti Go Jek atau Grab baik mobil atau pun motor. Simak beberapa tips keamanan di bawah ini!

1. Selalu pasang sabuk pengaman dan helm dengan tepat

Menggunakan sabuk pengaman dan helm adalah pilihan yang paling aman, dan jutaan nyawa telah terselamatkan hanya karena penumpang dan pengemudi memilih untuk mengenakan sabuk pengaman dan helm. Kita semua berperan nyata untuk mengurangi risiko dan korban kecelakaan di jalan raya. Sebelum perjalanan, ingatlah untuk memasang serta mengencangkan sabuk pengaman dan helm meskipun Anda sebagai penumpang.

2. Tetap fokus memantau jalan

Anda bisa  menjaga keamanan jalanan dengan terus waspada, terus melihat ke arah jalan dan menghindari ber-chatting ria atau melihat navigasi di telepon saat sedang duduk di atas motor maupun mobil meskipun sebagai penumpang. Hal tersebut untuk menghindari salah jalan atau kemungkinan terburuk mewaspadai tindak kejahatan baik dari orang sekitar (melihat banyaknya kasus penumpang motor yang kerap dijambret ketika asyik memegang ponsel di atas motor) atau kewasapadaan dari sang pengemudi yang mungkin ingin membawa Anda ke tempat yang tidak diinginkan.

3. Duduk di kursi belakang

Untuk penumpang transportasi online mobil dan sedang bepergian sendiri, pertimbangkan untuk duduk di kursi belakang. Dengan begitu, penumpang dapat keluar dengan aman dari kedua sisi kendaraan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

4. Bagikan status perjalanan Anda

Pengguna transportasi online sebaiknya membagikan status perjalanan Anda di sosial media atau kontak pribadi keluarga mengenai detail kendaraan transportasi online yang Anda tumpangi dan arah perjalanan yang Anda lalui. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: