Tema Exotic Cultural Memeriahkan Hari Terakhir Pagelaran IFW 2018

19 desainer menampilkan koleksi menawan dalam persembahan fashion show bertema Exotic Cultural.
, Majalah Kartini | 01/04/2018 - 18:00

Di hari terakhir Indonesia Fashion Week 2018, sebanyak 19 desainer mengisi panggung Exotic Cultural. Digelar oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (1/4) persembahan ini berlangsung meriah. Kain-kain tradisi dari Gorontalo dan Buton sangat terlihat turut menarik perhatian setiap mata di panggung Indonesia Fashion Week 2018.


Risza Novianti dengan label SAO by Risza Novianti merupakan salah satu desainer yang turut menampilkan karyanya dalam panggung Exotic Cultural, mengangkat tema “Tana Wolio” yang berarti Tanah Buton, Sulawesi Tenggara menampilkan 12 rancangannya. Keindahan dan keelokkan daratan serta laut pulau Buton menjadi inspirasinya dalam membuat rancangannya tersebut. Motif tenun yang digunakan pada koleksinya diperoleh langsung oleh penenun di pulau Buton. Risza menggunakan bahan kombinasi modern fabric dan tenun pewarna alam yang dipadukan dengan anting flower modern dan topi rumbai etnik.

Sementara Fahmi Hendrawan memilih tema IKIGAI yang berarti The Reason You Get Up Every Morning. Fahmi ingin mengajak kita untuk memaknai hidup yang kita jalani melalui rancangannya tersebut. IKIGAI merupakan konsep hidup dari Jepang yang menggambarkan kesimbangan dan tujuan hidup. Rancangan Fahmi terinspirasi dari budaya Jepang yaitu Golden Temple dengan sentuhan warna gold dan green serta akulturasi budaya dari Indonesia dan Jepang yang dituangkan ke dalam design, pattern, serta cutting yang minimalis namun tetap elegan. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: