Kemeriahan Para Designer Muda Dalam Ajang Creative Week 2017

Terdapat 10 booth para mahasiswa tingkat akhir yang tergabung dalam Fashion Bazaar dari program Fashion Business.
, Majalah Kartini | 12/08/2017 - 09:11

laSalleMajalahKartini.co.id – Setelah sukses dengan perayaan 20 tahun pada event Creative Show 2017 pada april lalu, kali ini LaSalle College Jakarta kembali menghelat Creative Week 2017 selama 11 hari pada 9 – 20 Agustus 2017 di atrium Food Society Kota Kasablanka. Event ini bertujuan memberikan pengalaman design yang berbeda kepada masyarakat luas. Kemeriahan Creative Week 2017 juga tidak terlepas dari Fashion Show yang diadakan dua kali pada minggu, 13 Agustus dan 17 Agustus nanti.

Terdapat 10 booth para mahasiswa tingkat akhir yang tergabung dalam Fashion Bazaar dari program Fashion Business diantaranya : 1000F (IG:@1000fahrenheit), BUREAUCRAT (IG:@bureaucrat.rtw), SABBA (IG:@sabba.official), LEONTINE (lG:@Ieontine.id), Minushea (IG:@minushea _), acid bones (IG:@acidbones.officiaI), Attache (IG:@attache_id), La voir (IG:@Iavoirindonesia), STILLHUMAN (IG:@stiIIhuman.official), Kagumi (IG:@kagumi.official), juga dua booth yang terdiri dari tiga brand alumni Fashion Business, diantaranya Retronym (IG:@retronym_id), Pastiche (IG:@pastiche.p), The Art Club (IG:@the_art_club) dan serta satu Booth dari alumni Fashion Design yang terdiri dari empat Designer yaitu Cleanlines (lG:@cIeanIines.officiaI).

Shinta Djiwatampu, Program Director Fashion Design LaSalle College Jakarta, mengatakan Creative Week 2017 ini sekaligus sebagai ajang penilaian tingkat akhir mahasiswa LaSalle College Jakarta. Ia mengatakan, yang menjadi kekuatan bagi sekolah designer ini adalah profesionalisme dalam menciptakan designer-designer lokal yang mampu bersaing di kancah internasional. Para tenaga pengajar menerapkan metode praktek 80 persen, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mahasiswa bisa langsung memproduksi busana fashion.

“Kita benar-benar menekankan skill. Sehingga mereka bisa buat baju sendiri mulai dari membuat gambar, konsep estetikanya seperti apa, dan polanya bagaimana. Bukan hanya menggambar tapi mereka harus bisa buat pola, menjahit dan memilih bahan yang cocok,” terang Shinta pada Press Conference 20 Tahun LaSalle College Jakarta, Kamis (10/8).

Di samping itu, kata dia field trip pun terus dilakukan untuk memperkaya pengetahuan para calon-calon designer tentang culture Indonesia dengan tujuan untuk memberi ide-ide kreatif dalam mendesain busana fashion yang kreatif dan diminati oleh pasar.

“Field trip sangat penting. Untuk mencari jatidiri culture Indonesia saya ajak mereka ke daerah-daerah kita belajar langsung dari pembatik sehingga mereka tahu prosesnya seperti apa. Dari situ ide-ide kreatif mereka akan muncul,” lanjutnya.

Senada dengan yang dikatakan Shinta, Richard Kaunang, Program Design Fashion Business LaSalle College Jakarta juga mengatakan dalam Fashion Business mahasiswa dididik agar setelah menyelesaikan pendidikannya mereka bisa langsung jualan baik online, offline atau bazaar. “Mereka sudah bisa langsung jualan. Mereka produksi ada jumlah minimum yang dibuat. Dan para alumni bisa jadi merchan buyer dan merchandiser,” ujar Richard.

Dalam Fashion Business pun field trip juga mutlak dilakukan untuk membuka cakrawala pemikiran mahasiswa tentang fashion agar tidak hanya berkiblat di luar negeri tetapi mampu mengangkat kearifan lokal dan tentunya laku di pasaran. “Kita ingin agar mereka mengenal budaya mereka juga sehingga bisa membuat akulturasi antara internasional dan lokal. Field trip ini biasanya kita bawa mereka visit ke toko-toko,karena banyak yang belum tahu brand-brand daerah,” lanjutnya.

Tidak hanya bazaar dari program fashion, program lain yaitu Interior Design juga mengadakan pameran dan Furniture bazaar dari para mahasiswanya. Body Painting Performance yang dikerjakan oleh alumni Artistic Make Up, Seminar ”How to do Fast Sketch” yaitu melakukan sketsa cepat hanya dalam 10 detik oleh Digital Media Design, para mahasiswa program Photography juga menawarkan jasa fotografi dibidang seperti Wedding, Portrait, Baby and Kids, dimana karya-karya mereka dapat dilihat pada pameran yang dikemas secara interaktif di booth Fotografi. Serta untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus nanti, LaSalle College Jakarta juga mengadakan lomba Fashion Illustration yang berhadiah uang tunai Rp 5 juta.(Foto : Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: