Keaslian Batik Indonesia Lebih dari Sekadar Warisan

Dalam pameran Warisan ‘Citra Bahtera Nusantara akan menampilkan 3 wasiat Indonesia, yaitu Batik,Tenun dan Mutiara.
, Majalah Kartini | 05/12/2017 - 12:26

MajalahKartini.co.id – Wasiat adalah suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekadar bermakna penyampaian pesan tetapi juga sebagai penghubung lintas generasi dan peralihan peradaban.Indonesia memiliki keragaman budaya yang luar biasa. Tak hanya diberkahi dengan alam yang indah nan memesona, banyak pula kekayaan kain wastra Nusantara yang dihadirkan di bumi Pertiwi ini. Bentang alam dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia memiliki berbagai macam kain wastra Nusantara yang sangat menarik perhatian.

Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) adalah suatu kegiatan pameran ekslusif yang akan dilaksanakan untuk kedua kalinya. Pada tahun ke dua kali ini mengangkat tema “Citra Bahtera Nusantara”. Menampilkan 3 wasiat Indonesia, yaitu Batik,Tenun dan Mutiara. Detailnya yang rumit namun indah, pewarnaannya yang alami membuat banyak orang jatuh cinta dan menjadi kolektor berbagai kain tradisional ini. Sebut saja batik dan tenun yang menjadi sederet kain favorit untuk dikoleksi.Melihat semakin banyaknya para kolektor kain ini membuat pameran pun semakin banyak untuk dihadirkan. Salah satunya adalah pameran yang sebentar lagi akan diadakan dan khusus dipersembahkan untuk penggemar kain wastra Nusantara.

Bertajuk Pameran Warisan ‘Citra Bahtera Nusantara’, acara ini akan diadakan di Cenderawsih Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 23 – 26 November mendatang. Nantinya, di dalam pameran ini akan ditampilkan tiga wasiat Indonesia, yaitu batik, tenun, dan mutiara.Wasiat adalah suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekedar bermakna penyampaian pesan tetapi juga sebagai penghubung lintas generasi dan peralihan peradaban.

Wasiat sendiri merupakan suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekadar bermakna penyampaian pesan, tetapi juga sebagai penghubung lintas.Untuk itulah, Hadi Sunarno, selaku Project Officer Pameran Warisan berujar, jika tak ingin sembarangan menghadirkan karya dalam acara ini. Ia mengungkapkan bahwa seluruh barang yang akan ditampilkan asli dan bergaransi.

“Kami pameran bergaransi pertama di Indonesia,” ujar Hadidi Qubicle Center, Senopati, Jakarta, Jumat (17/9).Ya, nantinya akan ada 126 stand yang akan menghiasi dan menjual produk batik, tenun, dan mutiara berkelas, bergaransi, serta dijamin keasliannya. Batik yang ditampilkan juga merupakan batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi (tulis dan cap). Selain batik, akan ada pula kain tenun NTT, tenun songket Palembang, dan mutiara air laut yang akan dipamerkan.

Sebelumnya, produk yang akan dipamerkan di Pameran Warisan telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh lima orang kurator. Kelima orang tersebut terdiri dari tiga kurator batik, yaitu Dudung Alie Syahbana, Komarudin Kudiya, dan Romi Okta Birawa. Sementara itu, kurator tenun diwakili oleh Koestriastuti, dan kurator mutiara oleh Ratna Zuhry.

Pameran Warisan juga akan diramaikan dengan beberapa ‘Talk Show’, pertunjukan musik tradisional, games tebak BATERA (Batik, tenun dan mutiara) dengan hadiah tiket pesawat untuk perjalan domestik, serta penghargaan Warisan ‘Award’.Berminat untuk datang? Tiket masuk pameran Warisan dibanderol sebesar Rp 100 ribu dan dibuka dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB. Kamu juga bisa masuk ke dalam pameran secara gratis jika menggunakan batik, tenun, ataupun mutiara.

“Koestriastuti, Kurator Tenun mengatakan Kain tenun adalah hasil kerajinan kain yang terbuat dari benang yang ditenun. Pembuatan kain tenun yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Benang tersebut dimasukkan ke sebuah alat yang disebut dengan lungsin. Ada beberapa jenis kain tenun diantaranya songket, tenun ikat, dan pakan.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: