Indonesia Fashion Week 2018 Persembahan APPMI & Rumah Kreatif BUMN Resmi Dibuka

Dengan mengusung tema “Cultural Identity”, Indonesia Fashion Week 2018 mengangkat budaya dari tiga kawasan di Indonesia, di antaranya Tanah Batak, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur.
, Majalah Kartini | 28/03/2018 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB) mempersembahkan Indonesia Fashion Week 2018 (IFW 2018) dengan mengusung tema “Cultural Identity”. Tema tersebut merupakan sebuah konsep yang mengupayakan ‘Tujuan Pariwisata Untuk Menemukan Insipirasi Fashion’ dengan mengangkat budaya dari tiga kawasan di Indonesia sebagai sorotan utama, di antaranya Danau Toba di Tanah Batak, Borobodur di Jawa Tengah dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Event fashion tahunan ini resmi dibuka hari ini pada 28 Maret 2018 dan akan berlangsung hingga 1 April 2018, di Jakarta Convention Center, Jakarta.


Sebagai ajang promosi fashion terbesar di Indonesia, APPMI berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu perwujudan peningkatan ekonomi nasional. Poppy Dharsono, Presiden APPMI dan IFW mengatakan, “Indonesia Fashion Week merupakan perwujudan identitas kebudayaan (cultural identity). Kami selalu berupaya mendorong industri fashion Indonesia yang membawa ciri dan kepribadian nasional, membantu UMKM sebagai basis penggerak industri kreatif kerakyatan khususnya dalam bidang fashion dengan membantu promosi dan mengarahkan produk dan rancangan yang sedang trendi di pasar”. Saat ini, jumlah pelaku UKM di Indonesia telah mencapai 57 juta, di mana sebagian besar merupakan para pelaku usaha mikro. Hal ini menunjukkan potensi UKM sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia untuk meningkatkan kemakmuran negeri.


Menurut Staff Khusus II Kementerian BUMN Judith Jubilina Dipodiputro, IFW merupakan sarana bagi Rumah Kreatif BUMN untuk mengenalkan karya maupun produksi pelaku UMKM di sektor fashion yang menjadi binaan BUMN. “Melalui rumah kreatif BUMN, kami ingin memajukan dan mengembangkan usaha pelaku UMKM di berbagai wilayah Tanah Air. Melalui ajang ini, kami ingin mempertemukan para binaan RKB BUMN, terutama di bidang fashion, dengan publik sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan usaha dan membantu pengembangan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Judith. “Saat ini telah dibangun 202 Rumah Kreatif BUMN di seluruh wilayah Indonesia. RKB ini akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM,” kata Judith. Indonesia Fashion Week kali ini juga didukung oleh Tokopedia sebagai official e-commerce partner, dan Wardah sebagai official make up and hair do serta OVO sebagai e-payment partner untuk pembayaran digital.


Sebelum press conference berlangsung, para undangan yang hadir turut menyaksikan opening ceremony Indonesia Fashion Week 2018 yang berlangsung sangat meriah dan diramaikan oleh beberapa fashion show dari dalam dan luar negeri. Uniknya, sebagai simbol dibukanya event megah ini, para tamu spesial yang naik ke atas panggung diberikan alat musik tradisional angklung, untuk kemudian ramai-ramai bersamaan membunyikannya sebagai tanda Indonesia Fashion Week 2018 resmi dibuka.

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: