Feminin dan Simpel, Koleksi Rancangan Riri Rengganis

Riri Rengganis ingin menggambarkan interpretasinya mengenai sosok perempuan yang tampak sederhana, tetapi kalau didekati, banyak cerita di baliknya.
, Majalah Kartini | 16/05/2017 - 19:03

Feminin dan Simpel Koleksi Rancangan Riri Rengganis

MajalahKartini.co.id – Sifat dasar perempuan adalah femininitas dan kesederhanaan berpadu dengan kerumitan berpikirnya. Bisa dikatakan menyerupai sifat kain katun putih polos yang lembut jujur apa adanya, namun ketika diberi sentuhan bordir atau manipulasi lainnya, mampu menunjukkan sifat yang begitu kompleks.

Feminin dan Simpel Koleksi Rancangan Riri Rengganis1

Melalui koleksi ini Riri Rengganis menggambarkan interpretasinya mengenai sosok perempuan yang tampak sederhana, tetapi kalau didekati, banyak cerita di baliknya. Maka desain ini pun tanpa warna dan tanpa siluet yang istimewa. Tetapi dengan bahan putih polos seadanya dipadu dengan cutting yang asimetris atau draping yang dibesarkan (exaggerated) ditambah manipulasi bordir, krawang, applique dan opnaisel menjadikan karya yang bersih namun memikat dengan detail (clean but intricate). Penambahan aksen batik dan tenun yang sangat sedikit tapi tepat, membuat kepolosan koleksi ini menjadi hidup tanpa rasa berlebihan.

Riri terbiasa mendesain pakaian yang kental warna dan nuansa etnik (dengan spesialisasi di kebaya) untuk market perempuan Indonesia di bawah brand Indische selama 8 tahun. Kali ini Riri ingin bebas dari pengaruh kebaya dan batik, namun tetap konsisten menunjukkan skill terbaiknya dalam bordir. Memang sudah direncanakan sejak tahun lalu, bahwa di 2017 ini Riri akan memulai menciptakan line baru yang bernama RENGGANIS, dengan konsep yang tetap bernuansa handmade, terinspirasi oleh teknik-teknik pada kebaya, namun desainnya lebih kontemporer dan wearable oleh market global. (Foto: Magnifique)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: