Teknologi Estetika, Treatmen Terkini Minim Risiko

Teknologi estetika semakin maju dari tahun ke tahun khususnya dalam mengatasi penuaan.
, Majalah Kartini | 02/05/2017 - 13:01

Teknologi Estetika Treatmen Terkini Minim Risiko

MajalahKartini.co.id – Dulu, jika perempuan ingin terlihat cantik mereka bisa melakukan bedah plastik, namun itu bukanlah hal yang mudah, karena selain membutuhkan kesiapan mental, juga memakan banyak waktu dan finansial. Tapi, beberapa tahun terakhir dikenal Botox, Filler, dan threadlift. Treatment Anti Aging ini membantu perempuan maupun laki-laki semakin percaya diri, cantik dengan cara instan, minim risiko, relatif murah dan hasil yang natural.

Dr. Nataliani Mawardi, dipl. CIBTAC, Head Aesthetic Doctor lrorn nmw Skin Care memperkenalkan treatment terkini ini. Rabu (26/4), dr Nataliani melakukan live demo Nose Threadlift dan Filler Face Lifting di BCA Prioritas jl Mahakam, Jakarta yang disaksikan para costumer BCA Prioritas. Dr. Nataliani menjelaskan agar treatment bisa tertangani dengan baik dan benar maka harus dilakukan dokter estetika. Dan masalah kulit, dokter estetika harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK). “Sekarang kita sudah menambah jajaran kita dengan SlKK untuk mensupport layanan kita terhadap pasien,” kata dr. Natali.

Membahas tentang Aging Skin semua pasien menginginkan treatment yang aman, Natali mengatakan, sebagai dokter tidaklah mengutamakan provit saja melainkan lebih tahu solusi terbaik bagi pasiennya. “Ketika pasien meminta suatu solusi pastilnya kita berikan solusi yang aman kemudian memungkinkan tidak terlalu menimbulkan down time atau prepare yang terlalu lama karena masyarakat Jakarta ini tinggi mobilitasnya dan tuntutan dalam pekerjaan tinggi kemudian biasanya juga tidak mau yang sakit,” katanya.

Alasan-alasan ini menjadi pertimbangan para dokter estetika dalam melakukan tindakan-tindakan. Tindakan non bedah diupayakan nol set efek, kalaupun set efek kemungkinan sangat ringan, “Namanya ketusuk jarum lalu kapiler kecil terkena dan lain sebagainya kemudian ada sick hematoma atau agak kemerahan mungkin aja itu terjadi tapi itu bukan hal yang membahayakan pasien,” kata Natali.

Kemudian faktor lain, kata dia, dokter juga mempertimbangkan dalam segi biaya untuk pasien mana yang sesuai target namun paling hemat dari segi biaya. “Seandainya kita punya pasien kita kemukakan kepasien ‘kalau saya sebagai pasiennya saya akan pilih treatmen ini dengan pengetahuan yang saya punya. Jadi sebisa mungkin kita sebagai dokter itu tidak menargetkan untuk menjual alat atau menjual produk. Kita manusia biasa tetap mengemban suatu sumpah dokter yang terbaik diberikan kepada pasien karena kita tau yang lebih baik dibanding pasien kita seperti itu,” jelasnya.

Dokter berambut pendek ini mengungkapkan alasan live demo dilakukan di hadapan nasabah BCA Prioritas karena pastinya bukan hanya ibu-ibu muda yang tergabung justru kebanyakan ibu-ibu yang sudah mencapai prestasi dalam level ekonominya. Sehingga, kata dia tuntutan kehiupan ini tidak mudah terutama perempuan. Dibanding laki-laki, perempuan akan sangat mudah mengalami penuaan dan rasa percaya dirinya akan berkurang sedangkan laki-laki, hal tersebut bukanlah masalah berarti.

“Saya kadang bilang tidak fair. Sementara cewek tuntutannya urusin anak, masak, kadang kerja tapi harus tetep cantik it’s ok. Kita memberi solusi yang langsung bisa instan, kita lihat Threadlift/tanam benang. Tanam benang yang akan kita gunakan pastinya yang aman. Kita tidak memberikan sembarangan untuk pasien-pasien kita,” ucapnya.

Untuk filler, nmw skin care menggunakan benang jenis PDO (Polydioxanone) yang akan terserap di dalam tubuh. Interval PDO kurang lebih enam bulan kemudian akan menyatu dengan jaringan di dalam tubuh. “Contohnya benang ini adalah benang yang di pakai operasi-operasi organ-organ dalam seperti bedah jantung, sesar dll.

“Saat benangna PDO itu masuk kedalam tubuh kita tidak menjadi suatu benda asing karena sudah terserap. Dan disamping itu dia memperbaiki mikrosirkulasi di dalam peredaran darah setempat jadi dia akan menstimulit dijaringan yang kita tusukkan jarum tret. Jarum tret itu maksudnya jarum yang membawa tret yang bukan jarum tok terus kita tinggalin jarumnya tapi jarum yang didalamnya ada benangnya jadi waktu tertinggal, yang tertinggal adalah benang jarum hanyalah media agar benang bisa masuk. Selain itu, proses penusuka jarum akan menstimulasi kolagen,” papar dr. Natali.

Selain threadlift dan filler, nmw juga mempunyai treatment unggulan yaitu botox. Botox membutuhkan waktu satu minggu pasca injeksi baru akan memperlihatkan hasil maksimal. Botox adalah adalah suatu botox linu toksin bukan bakteri lagi tapi kemudian sudah mengalami suatu kultur sehingga menghasilkan botox linu toksin dan itu halal karena dia kemudian dibuat menjadi protein murni dari media pembuatnya.

“Botox itu cara kerjanya kita kenapa bisa mengernyit, bisa kontraksi-kontraksi otot ini? karena otot mengkomunikasikan ke dalam sel otot-otot kita itu lewat asetilkolin. Asetilkolin suatu Neurotransmisor, jadi semacam pembicara yang mengkomunikasikan dengan otot untuk mengkontraksian otot itu,” katanya.

Botox harus dilakukan dokter yang sudah mempunyai sertifikat botox karena botox pun bisa menjadi hasil yang berlawanan dengan keinginan pasien jika penyuntikannya salah. Setelah enam bulan kulit akan kembali kekerutan awal, jadi menuju enam bulan kerutan itu sebenarnya nampak. Di bulan ke tiga mulai kerutan akan mulai sedikit demi sedikit dan akan terlihat jelas saat enam bulan.

Sedangkan filler HA (hyaluronic acid) berfungsi menstimulasi terjadinya kolagen dalam tubuh. Kolagen dalam tubuh terbentuk dari unsur asam D glukuronat dan kemudian bercampur dengan N Acetil gulkosamine kemudian menjadi kolagen. “Karena dia bisa menyatukan itu makanya bahan itu sangat bagus dan produk HA itu adalah produk yang biocompatible juga tidak menimbulkan alergi yang berlebihan untuk pasien. Bila diminum itu tercover dengan baik, seandainya filler HA disuntikkan tidak hanya menstimulasi kolagen kemudian dia memiliki sifat menyerap air sehingga setelah disuntikkan HA kulit biasanya memperbaiki kelembapan. Kemudian kekenyalan kulit meningkat dan kolagen tadi banyak menyebabkan kulit lebih kencang. (Foto: Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: