Meluruskan Rambut Secara Alami dan Praktis

Berbagai macam cara dilakukan perempuan untuk meluruskan rambut agar terlihat sempurna.
, Majalah Kartini | 05/09/2017 - 18:02

MajalahKartini.co.id – Rambut adalah mahkota perempuan yang paling mahal. Rambut kuat, sehat, dan lembut adalah idaman para perempuan. Banyak perempuan rela untuk menghabiskan sejumlah uang demi melakukan perawatan rambut di salon ataupun membeli produk-produk khusus untuk meluruskan rambut.

Dilansir dari Alodokter, rambut yang indah belum tentu terlepas dari masalah seperti kering, rontok, bercabang, dan kasar. Perubahan rambut menjadi buruk akibat paparan sinar matahari, cuaca, dan polusi di jalan yang terkena langsung ke rambut.

Penggunaan hair dryer, catokan, dan berbagai alat pelurus rambut memang mampu membuat rambut terlihat sempurna. Rambut akan terlihat lurus dan bervolume, namun dampak pengunaannya akan berjangka panjang dan merusak rambut secara perlahan. Untuk mengembalikan kesehatan rambut tentu sangat tidak mudah, namun ada solusi untuk meluruskan dan merawat rambut secara alami untuk para perempuan.

1. Berawal dari Kulit Kepala

Ahli kimia kosmetik menyarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau bertuliskan myristyl, cetyl, dan stearyl. Keramas setiap dua atau tiga kali sehari agar rambut tidak berminyak dan lepek, jangan membilas rambut dengan air hangat karena akan menghilangkan zat alami minyak rambut. Kemudian pijat kepala untuk meningkatkan peredaran darah dan merangsang folikel rambut untuk menghasilkan rambut yang tebal dan berkilau. Terakhir oleskan vitamin tambut atau minyak zaitun secara rutin ke kulit kepala dan gunakan penutup kepala seperti topi atau payung untuk menghindari rambut dari sengatan sinar ultraviolet matahari.

2. Berakhir di Kebiasaan Sehari-Hari

Setelah keramas jangan langsung menggosok rambut, biarkan rambut kering dengan sendirinya dan sisir dalam keadaan 90% kering. Kemudian jangan terlalu sering menguncir atau menjepit rambut, karena akan membuat rambut menjadi melengkung dan tidak beraturan. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari berpengaruh terhadap kualitas rambut. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, asam lemak omega 3, dan mengkonsumsi suplemen biotin untuk meminimalisir kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang indah dan lurus harus dilakukan perawatan dari luar dan dalam untuk hasil yang maksimal. Jangan sembarangan tergiur untuk mencoba produk-produk berbahan dasar kimia karena belum tentu komposisinya cocok dengan rambut anda. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Alodokter).

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: