Ingin Kulit Tetap Cantik Saat Puasa? Ini Caranya

Kekurangan cairan dan nutrisi saat puasa dapat menyebabkan kulit dehidrasi, untuk itu perlu asupan yang seimbang.
, Majalah Kartini | 15/06/2017 - 08:07
IMG_20170612_163823_crop_640x357
MajalahKartini.co.id –   Berpuasa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun bila tidak tidak diimbangi dengan asupan cairan dan nutrisi yang baik saat berbuka dan sahur tentu akan menimbulkan beberapa masalah yang dapat mengganggu kelancaran beribadah dan penampilan saat pengguna Lebaran.
Kekurangan cairan dan nutrisi penyebab kulit kering dengan membangun kerut halus pada bagian pipi, area mata dan kening. Bila tak segera diatasi kulit akan mengelupas dan wajah terlihat kusam.
 “Saat puasa kita perlu memperhatikan asupan udara dan nutrisi yang seimbang saat sahur dan berbuka agar tidak mengalami dehidrasi yang tubuh mudah lelah, kulit kering bersisik saat digaruk, cepat keriput, dan terasa kasar saat diraba,” kata dr Fadila Zitria, spesialis kulit. Dan kecantikan dalam acara Beauty Talkshow Vienna, PT Cakra Daya Makmur di Jakarta, Senin (12/6).
Lebih lanjut ia menjelaskan, jarak yang berdekatan antara waktu berbuka, shalat tarawih dan saat tidur sedang menjadi kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi bagi tubuh. Tak jarang dalam kondisi perut masih kenyang kita bangun diri untuk minum sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi. Selamat minum terlalu banyak penggado sambal lambung yang membangkitkan rasa mual dan ingin muntah.
“Di samping itu pemakaian produk yang tepat dengan komposisi bahan alami buat kulit segar dan lentur. Produk tersebut harus memenuhi komposisi udara yang diperlukan tubuh. Dengan begitu maka cairan dalam tubuh tetap terjaga saat kita berpuasa untuk kulit sehat sehat dan terjaga kelembabannya, “saran dr. Fadila.
Selain asupan dari dalam tubuh, perawatan kecantikan dan kelembaban kulit juga harus didukung dengan perawatan dari luar, misalnya mandi dengan sabun ber-PH seimbang dan selalu pakai pelembab. Sejak ribuan tahun lalu susu telah digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Susu yang kaya akan nutrisi dan vitamin telah menjadi bahan favorit dalam perawataan kulit.
Konon Cleopatra, ratu legendaris dari Mesir kerap menuangkan susu ke dalam bak mandi untuk menjaga agar kulitnya tetap lembut, halus dan bercahaya. Karena itu susu tak hanya digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk merawat kecantikan kulit. (Foto: Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: