Dua Produk Kecantikan yang Efektif, Aman, dan Tahan Lama

Produk terbaru dari TEOXANE ini didistribusikan oleh PARVUS memenuhi perkembangan kebutuhan perawatan kecantikan di Indonesia.
, Majalah Kartini | 03/01/2018 - 14:01

MajalahKartini.co.id – Asam hialuronat (hyaluronic acid = HA) adalah unsur yang terdapat dalam jaringan kulit secara alamiah di tubuh manusia. Selain dalam jaringan kulit, HA juga ditemukan di tulang rawan serta cairan sendi. HA bertindak sebagai unsur yang membawa nutrisi penting dari aliran darah ke sel-sel kulit manusia. HA telah diberikan ijin oleh badan Administrasi Obat dan Makanan di Amerika untuk digunakan sebagai bahan produk filler di jaringan lunak. HA dianggap aman karena mudah diserap
oleh tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan dan permintaan para dokter kecantikan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasiennya, PARVUS distributor regional untuk produk medis di bidang kecantikan, meluncurkan TEOSYAL®RHA Resilient Hyaluronic Acid fillers dan TEOSYAL®PEN alat suntik elektronik tanpa kabel pertama di dunia. Fillers dan alat suntik ini adalah produk kecantikan yang efektif, aman dan tahan lama, yang diciptakan dan diproduksi oleh TEOXANE laboratories di Jenewa, Swiss, yang dapat digunakan oleh praktisi estetika berlisensi seperti dokter estetika, dokter spesialis kulit dan dokter bedah plastik.

Setiap wanita ingin tampil cantik. Untuk memenuhi keinginan wanita Indonesia mendapatkan wajah yang sempurna, perawatan tanpa operasi dan minimal invasif seperti filler menjadi salah satu pilihan yang kerap dilakukan. Perawatan ini cukup digemari karena tidak memerlukan waktu yang lama, tidak membutuhkan masa pemulihan (downtime) yang lama di mana efek sampingnya sangat minimal.

Bahkan selepas perawatan, pasien akan dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Menurut Christophe Dang, Direktur Asia-Pasifik dari TEOXANE Laboratories, “TEOXANE sangat senang dapat bermitra dengan PARVUS untuk meluncurkan produk TEOSYAL®RHA di Indonesia. Ini adalah generasi baru fillers yang akan memberikan pilihan produk terbaik yang lebih beragam bagi dokter dan pasien, sedangkan TEOSYAL®PEN akan memberikan akurasi penyuntikan produk sesuai kebutuhan serta jaminan kenyamanan untuk pasien,” ujarnya.

Dr Fredrik Hendrik Soedira, Country Manager untuk PARVUS Indonesia menambahkan, kedua produk ini merupakan terobosan terkini bagi dunia HA fillers di dunia. Dengan produk baru ini, para dokter yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan medis di bidang kecantikan, dapat memberikan pilihan dan merekomendasikan yang terbaik bagi pasien untuk mempercantik dirinya yang sesuai dengan penanganan medis kecantikan di Asia bahkan di dunia,” katanya.

Fillers ini dapat digunakan untuk berbagai indikasi, mulai dari memperbaiki cekungan di kantung bawah mata, mengganti kehilangan volume di wajah akibat proses penuaan, memberikan efek bentuk hidung yang lebih tegas, memperbaiki bentuk dagu, memberikan kelembapan secara keseluruhan pada kulit, dan banyak indikasi lainnya. TEOSYAL® RHA merupakan generasi terkini dari teknologi filler HA. TEOXANE Laboratories mengakui bahwa keindahan kulit yang terlihat muda tidak hanya dalam tekstur dan kelenturannnya, tetapi juga pada kemampuannya untuk memberikan ekspresi wajah yang alami.

Fillers ini terbuat dari asam hialuronat (HA), suatu zat yang secara alamiah terdapat dalam tubuh manusia, diciptakan dan telah dipatenkan untuk mendukung setiap tahapan perkembangan kulit Anda, dan pada saat yang sama membantu menjaga kesegaran kulit, vitalitas dan kelembutan wajah Anda. Tidak seperti merek filler lain yang tersedia di pasar, TEOSYAL® Puresense Redensity (I) dan (II) yang diperkaya dengan Dermo Restructuring Complex yang menggabungkan tiga antioksidan, delapan asam amino, dua mineral dan vitamin B6 yang secara alami ada di kulit dan bekerja secara sinergis dengan HA untuk membangkitkan dan menjaga kepadatan dari lapisan kulit.

Produk perawatan kulit topikal bisa efektif untuk indikasi tertentu seperti melembapkan kulit dan mengurangi tanda-tanda gelap pada wajah. Namun mereka tidak efektif untuk indikasi yang memerlukan penambahan volume seperti memperbaiki cekungan di kantung bawah mata, mengganti kehilangan volume di wajah akibat proses penuaan, memberikan efek bentuk hidung yang lebih tegas dan lain-lain. Suntikan estetika ketika dilakukan dengan benar akan sangat efektif untuk indikasi ini.

Selama satu dasawarsa para selebriti, jet-setter dan anggota keluarga kerajaan di seluruh dunia telah mengandalkan suntikan filler HA agar tetap tampak muda bahkan pada usia di atas 50-60 tahun sekalipun. Pada saat ini permintaan untuk suntikan filler HA mengalami kenaikan di seluruh Asia disebabkan oleh meningkatnya pendapatan sehingga perawatan menjadi lebih terjangkau bahkan untuk kelas menengah. Fakta bahwa para dokter sekarang dapat memberikan hasil perawatan yang lebih terlihat alami dengan teknik suntikan terbaru serta terobosan dalam teknologi filler HA juga membantu mendorong keinginan untuk melakukan perawatan kecantikan terutama di kalangan eksekutif (profesional, manajer, eksekutif dan pengusaha).

Dokter estetika, dokter spesialis kulit dan dokter bedah plastik memiliki pengetahuan mendalam mengenai anatomi wajah manusia dan jaringan kompleks seperti jaringan kulit, otot, pembuluh darah dan saraf. Semua perawatan yang membutuhkan suntikan membawa risiko terjadinya infeksi dan/atau merusak jaringan kulit, otot, pembuluh darah dan saraf jika diberikan secara tidak tepat sehingga perawatan hanya boleh dilakukan oleh dokter yang telah terlatih dengan baik untuk meminimalkan risiko yang kemungkinan terjadi.

Seorang dokter yang terlatih dapat secara manual mengatur suntikan asam hyaluronic (HA) dengan nyeri minimal untuk pasien. Namun, bahkan dokter terlatih, berpengalaman dan menggunakan krim mati rasa dan menggunakan filler yang mengandung lidokain untuk mengurangi rasa sakit, tetap tidak ada jaminan bahwa pasien tidak akan merasakan sakit apapun. Kebanyakan rasa sakit yang dialami selama suntikan manual disebabkan karena dokter harus memberikan lebih banyak tekanan pada jarum suntik pada saat menyuntikan HA ke dalam kulit wajah.

TEOSYAL® PEN secara otomatis mengontrol volume HA pada saat proses penyuntikan ke dalam lapisan kulit. Dengan alat suntik ini dokter hanya perlu fokus pada lokasi penyuntikan tanpa perlu memberikan perhatian khusus saat memberikan tekanan yang konsisten pada alat suntik saat melakukan penyuntikan. Kurangnya penekanan yang dilakukan oleh dokter saat proses penyuntikan akan sangat mengurangi rasa sakit pada pasien. Anda dapat meminta dokter Anda untuk menggunakan TEOSYAL®PEN jika Anda ingin lebih nyaman tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Yang pertama dan terpenting adalah Anda harus menjalani konsultasi dengan dokter. Pada saat konsultasi, Anda akan mendiskusikan kekhawatiran dan harapan Anda dengan dokter. Seorang dokter yang baik akan mampu menjelaskan seluruh proses untuk Anda secara rinci seperti di mana dan lapisan kulit apa yang akan disuntik, apa jenis HA filler yang akan digunakan, apakah akan ada rasa tidak nyaman atau efek samping serta tindakan pencegahan apa yang harus diambil setelah perawatan. Seorang dokter yang baik juga akan mampu menjawab semua pertanyaan Anda secara rinci.

Anda kemudian akan diarahkan menuju ke ruang fotografi untuk mengambil foto “sebelum” proses perawatan. Para dokter perlu mengkompilasi foto “sebelum” perawatan dan “sesudah” perawatan sebagai perbandingan dan juga untuk dipelajari lebih lanjut. Setelah mengambil foto Anda, bila pasien menginginkan untuk diberikan tindakan anestesi untuk mengurangi rasa sakit akibat penyuntikan maka asisten dokter akan melakukan proses anestesi lokal pada daerah yang akan dirawat, kemudian hasil proses tersebut ditunggu selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu maka Anda akan dibawa ke ruang perawatan di mana dokter akan memberikan perawatan tersebut. Kemudian Anda akan diminta untuk mengambil foto “sesudah” perawatan dan itu saja, Anda sudah selesai!

Waktu yang diperlukan untuk suntikan filler HA tergantung pada daerah yang akan dirawat dan volume yang dibutuhkan untuk disuntikkan ke dalam kulit, namun kebanyakan perawatan memakan waktu sekitar 30 menit atau kurang, tidak termasuk konsultasi, fotografi dan waktu yang dibutuhkan untuk anestesi lokal.

Untuk suntikan filler HA, dokter atau asistennya akan menggunakan anestesi lokal pada daerah yang akan disuntik. Anestesi lokal bisa dalam bentuk krim, salep atau gel dan mengandung obat bius seperti lidokain. Fillers ini sebenarnya sudah diciptakan dengan kandungan lidokain untuk mengurangi ketidaknyamanan pasien akibat rasa sakit pada proses penyuntikan. Untuk itu, Anda juga dapat meminta dokter untuk menggunakan alat suntik terbaru ini jika Anda ingin perawatan lebih nyaman. TEOSYAL®PEN diciptakan oleh TEOXANE Laboratories untuk lebih meminimalisir ketidaknyamanan pasien saat menjalani suntikan.

Alat suntik ini secara otomatis mengontrol volume HA pada saat proses penyuntikan ke dalam lapisan kulit. Dengan alat suntik tersebut dokter hanya perlu fokus pada lokasi penyuntikan tanpa perlu memberikan perhatian khusus saat memberikan tekanan yang konsisten pada alat suntik saat melakukan penyuntikan. Kurangnya penekanan yang dilakukan oleh dokter sangat mengurangi rasa sakit pada pasien.

Tindakan yang disarankan tergantung pada daerah yang akan diobati, tapi umumnya adalah: tidak melakukan olahraga berat, sauna, mandi air panas atau mengkonsumsi alkohol selama tiga hari setelah perawatan. Anda akan disarankan untuk mencuci daerah yang dirawat dengan lembut dan tidur telentang di malam pertama sesudah penyuntikan HA. Kemerahan, memar, gatal dan lebam pada daerah yang telah dilakukan penyuntikan, itu adalah normal dan bersifat sementara.

Setiap perawatan filler dapat bertahan kurang-lebih delapan hingga 12 bulan, tergantung jenis filler yang digunakan dan lokasi dimana filler tersebut disuntikkan. Gaya hidup pasien seperti kebiasaan merokok dan sering terpapar sinar matahari secara langsung tanpa menggunakan tabir surya akan mengurangi daya tahan filler. Karena filler mengandungi asam hialuronat yang secara alamiah terdapat dalam tubuh manusia maka kemungkinan terjadinya reaksi alergi akan sangat minimal. Jika pasien kurang puas terhadap hasil penyuntikan asam hialuronat yang sudah diberikan, maka asam hialuronat tersebut bisa dilarutkan dengan segera dengan menggunakan hyaluronidase.

Pasien tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun harus diingat bahwa perawatan dengan menggunakan filler ini tidak disarankan untuk pasien yang sedang hamil, menyusui, sedang dalam perawatan karena kondisi kesehatan tertentu seperti kencing manis, penyakit kulit, dll. Perawatan filler dan tanam benang adalah dua jenis perawatan minimal invasif dan tanpa operasi untuk meremajakan kulit, tetapi kedua teknik perawatan tersebut berbeda. Perawatan filler menggunakan asam hialuronat yang secara alami terdapat di dalam tubuh melalui suntikan di tempat-tempat yang perlu diperbaiki, seperti cekungan di kantung bawah mata, menggantikan volume pada pipi akibat penuaan, memberikan efek bentuk hidung dan dagu yang lebih tegas dan melembabkan kulit secara keseluruhan dan lain-lain.

Perawatan tanam benang dilakukan dengan memasukkan benang khusus ke dalam kulit. Perawatan ini mengencangkan pertengahan wajah, membuat jaringan lunak di pipi yang sebelumnya menurun akibat penuaan diangkat ke atas seperti semula. Benang ini akan diserap kulit dalam kurun waktu 18 bulan. Tanam benang hanya untuk merawat pertengahan wajah (jaringan lunak di pipi) dan tidak bisa digunakan di tempat lain seperti hidung, kantung bawah mata ataupun dagu. (Foto : ilustrasi)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: