Alis Tebal Bisa Menjadi Tren, Begini Alasannya

Perempuan keluar rumah tanpa riasan tidak masalah, asalkan alis tertata rapi.
, Majalah Kartini | 23/10/2017 - 10:01


MajalahKartini.co.id – Sekarang ini perempuan dengan alis teban sedang menjadi tren atau kebiasaan beberapa tahun terakhir. Keluar rumah tanpa riasan tidaklah menjadi masalah, namun pergi tanpa alis yang tertata rapi itu yang menjadi masalah. Studi menunjukan bahwa fitur wajah seperti bibir dan alis cenderung kurang menonjol seiring pertambahan usia.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Frontiers in psychology, para ilmuan menganalisis foto dari 763 perempuan tanpa riasan dengan warna kulit bervariasi antara usia 20 dan 80 tahun. Program komputer menganalisis foto tersebut dan melihat kontras fitur wajah. Mereka mengukur bagaimana mata, bibir dan alis terlihat menonjol karena perbedaan warna atau akibat cahaya yang terpapar di sekitar wajah.

Penemuan pada perempuan muda, fitur-fitur wajah terlihat lebih kontras apalagi pada bagian sekitar mulut dan alis. Selanjutnya, para ilmuan mengedit sebagian foto dan menciptakan dua versi nyaris identik hanya dengan membedakan tingkat kontrasnya. Foto tersebut ditunjukan kepada para relawan dan menyuruh mereka memilih foto mana yang terlihat lebih muda. Hampir 80 persen memilih wajah dengan fitur lebih kontras.

Temuan ini berlaku di berbagai variasi etnis, menunjukan bahwa kerutan dan perubahan pigmentasi kulit adalah “tanda lintas budaya” untuk menilai umur seseorang. Penemuan ini juga menjelaskan mengapa orang sering berdandan untuk terlihat lebih muda. Warna alis yang memudar seiring bertambah usia menjadikan perempuan dari berbagai etnis menemablkan alis agar membuat wajah terlihat lebih muda.

Oleh karena itu, penulis studi menyimpulkan adanya hubungan antara alis teban dengan fitur yang lebih kontras seakan lebih terlihat muda. Walaupun penemuan ini hanya dilakukan pada perempuan, ternyata temuan ini juga berlaku untuk laki-laki. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: