5 Bahan Facial Wash yang Harus Dihindari

Perhatikan 5 bahan berikut, sebelum Anda membeli produk facial wash.
, Majalah Kartini | 23/01/2017 - 16:39

5 Bahan Facial Wash yang Harus Dihindari

MajalahKartini.co.id – Ritual mencuci wajah wajib Anda lakukan, tapi sadarkah Anda bahwa masih banyak produk facial wash atau pembersih wajah yang mengandung beberapa bahan berbahaya bagi kulit. Coba kenali dan hindari kelima bahan berikut:

1. Paraben
Banyak produk yang masih mengandung paraben, karena bahan kimia ini digunakan sebagai bahan pengawetnya. FDA (Badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat) pun kini melarang penggunaan paraben, apalagi penelitian di tahun 2004 yang membuktikan bahwa bahan kimia ini bisa menyebabkan kanker payudara. Selain efek negatif jangka panjang, juga bisa menyebabkan iritasi terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

2. Alkohol
Dalam produk kecantikan, alkohol banyak digunakan untuk skin care seperti pelembap. Alkohol dapat membuat skin care yang berat terasa lebih ringan dan membantu kandungan bahan seperti vitamin C dan retinol lebih mudah menyerap ke dalam kulit, karena alkohol mampu menembus jaringan pembatas alami pada kulit. Walau mempercepat kerja bahan aktif dalam sebuah skin care, namun akan menyebabkan kerusakan jaringan kulit terutama bila memiliki jenis kulit kering.

3. Sodium Lauryl Sulfate
Kebanyakan produk pembersih wajah yang menghasilkan banyak busa mengandung bahan kimia ini, dan Sodium Lauryl Sulfate pula yang membuat kulit terasa sangat bersih setelah Anda mencucinya. Saking kerasnya, bahan kimia ini juga akan mengangkat minyak alami yang ada pada kulit sehingga menyebabkan kulit terasa kering, kaku, bahkan iritasi dan alergi. Berhati-hatilah bila jenis kulit Anda kering atau sensitif. Dan penting untuk diingat, bahwa bahan kimia ini juga digunakan dalam produk sampo mobil.

4. Pewangi
Jangan tergiur bila facial wash memiliki bau harum, karena ini justru berbahaya. Itu tandanya produk tersebut mengandung pewangi, bahkan banyak pula yang menggunakan pewangi sama dengan pewangi detergen. Maka baca kembali bahan-bahan yang terkandung dalam facial wash, dan bila tercantum tulisan “fragrance” itu berarti mengandung pewangi kimia berbahaya. Pewangi tersebut akan menyebabkan kulit kering dan akhirnya iritasi. Tapi kini banyak produk yang menambahkan minyak esensial dan ekstrak buah atau ekstrak bahan alami lain untuk membuatnya beraroma.

5. Minyak
Minyak seperti Petroleum, Petrolatum, mineral oil, Propylene Glycol, Parraffin, Butylene Glycol dan Isopropyl Alcohol tidak akan bermasalah pada produk seperti lipbalm, tapi sebaiknya tidak untuk facial wash. Dan hingga kini masih banyak beberapa facial wash yang memasukkan minyak tersebut ke dalamnya, karena murah, tidak menyebabkan efek samping berbahaya dan tidak berbau. Selain itu, karena minyak tersebut berfungsi sebagai bahan pelembap, tapi akibatnya malah dapat menyumbat pori-pori sehingga akan menyebabkan komedo dan jerawat, kecuali jika Anda memiliki jenis kulit kering. Sebagai gantinya, Anda sebaiknya memilih facial wash yang mengandung minyak nabati alami karena tidak akan menyumbat pori-pori. (Teks: Mia Apilia/Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: