Waspada Saraf Kejepit Ditandai Nyeri di Bagian Tubuh Ini

Jika seseorang mengalami herniasi diskus lumbar, gejala pertama yang muncul adalah rasa tidak nyaman seperti nyeri di daerah bokong, paha, dan betis.
, Majalah Kartini | 15/09/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Saraf kejepit adalah istilah umum untuk Herniasi Nukleus Pulposus (HNP). Hal ini sering terjadi pada orang dewasa akibat terjadinya penuaan, jika tidak segera diatasi maka akan semakin parah dan terhambatnya aktivitas seseorang karena rasa nyeri yang tak tertahankan.

Jika seseorang mengalami herniasi diskus lumbar, gejala pertama yang muncul adalah rasa tidak nyaman seperti nyeri di daerah bokong, paha, dan betis. Sementara jika herniasi diskus terjadi pada ruas tulang cervical, gejala yang muncul berupa nyeri pada daerah lengan dan bahu. “Rasa samuncul saat bersin, batuk atau ketika menggerakan tubuh dari satu posisi ke posisi lainnya,” ujar dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, pakar nyeri Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Onta Merah, Jakarta, Selasa (12/9).

Kesemutan dan mati rasa (baal) pada area tertentu tubuh yang terjadi berulang kali juga bisa menjadi tanda awal herniasi diskus vertebralis. Dapat juga ditandai dengan melemahnya kekuatan otot. Gejala lain yang dapat muncul akibat herniasi diskus terutama daerah lumbar adalah sindroma cauda equina. “Meski jarang terjadi sindroma cauda equina dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada kedua kaki, atau kesulitan buang air besar dan kecil, serta ganguan neurologi lainnya jika tidak segera dilakukan pengobatan,” katanya.

Lebih lanjut dr. Mahdian menjelaskan tulang belakang (spine) pada manusia tersusun dari 32 ruas tulang, dan dibagi menjadi 5 segmen utama meliputi susunan tulang cervical/ leher, thorakal, lumbar/tulang punggung bawah, sakral dan coccyx/tulang ekor. Ruas-ruas tulang belakang berjajar rapi, kecil diatas dan membesar dibawah hingga sakral. Selain menyangga tubuh dan menopang berat kepala, belakang berfungsi sebagai tempat melekatkanya otot dan saraf-saraf penting. (Foto; Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: