Waspada! Risiko Kontaminasi Bakteri Tinggi Saat Menstruasi

Apa penyebab banyak ditemukan kasus infeksi saluran kemih terjadi setelah periode menstruasi?
, Majalah Kartini | 07/10/2016 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Periode menstruasi merupakan periode sensitif yang dilalui oleh semua perempuan. Pada saat menstruasi, jumlah bakteri buruk di daerah kewanitaan bertambah karena meningginya tingkat keasaman pH yang terkait dengan darah yang dikeluarkan . “Dengan kondisi ini, kemungkinan adanya kontaminasi bakteri menjadi semakin tinggi dan dapat berakibat pada vaginitis yang memiliki gejala seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, bau tidak sedap dan keputihan,” kata dr. Liva Wijaya, SpOG.

Selain jumlah bakteri buruk yang bertambah, lanjut dr Liva, pada saat menstruasi, lendir pembatas di leher rahim menghilang sehingga bakteri-bakteri yang berada di area vagina bawah dapat mengakses daerah leher rahim. “Berdasarkan penelitian, mayoritas perempuan dengan kondisi tuba falopi normal dapat mengalami siklus menstruasi dua arah (retrograde menstruation). Siklus dua arah terjadi ketika sel darah dan jaringan yang harusnya terbuang ke vagina juga mengalir ke arah leher rahim dan juga tuba falopi,” ujarnya.

Kemudian dokter berambut pendek ini juga menuturkan, dalam kondisi retrograde menstruation memungkinkan kontaminasi mikroorganisme yang semakin tinggi. Penyebabnya karena ada aliran dari atas ke bawah dan sebaliknya sehingga penyebaran mikroorganisme menjadi semakin tinggi saat menstruasi.

“Inilah salah satu penyebab banyaknya ditemukan kasus di mana infeksi saluran kemih/kelamin terjadi setelah periode menstruasi.’ ujarnya pada media gathering dengan tema “Tinggi Risiko Kontaminasi Bakteri, Tingkatkan Kebersihan Kewanitaan di Saat Menstruasi” bersama Betadine di Jakarta, Kamis (6/10). Oleh karena itu, menjadi penting bagi para wanita untuk membersihkan daerah kewanitaannya dengan lebih seksama pada saat menstruasi dengan menjaga kebersihan dan kelembapan di daerah kewanitaan,” pungkasnya. (Foto : Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: