Virus Zika Bunuh Sel Kanker?

Virus zika akan digunakan untuk melawan sel kanker pada otak.
, Majalah Kartini | 19/05/2017 - 18:02

Virus Zika Bunuh Sel Kanker

MajalahKartini.co.id -Ada idiom mengatakan racun harus dilawan dengan racun. Mungkin itulah yang menyebabkan ilmuwan Inggris berencana memanfaatkan kemampuan virus Zika untuk membunuh sel-sel kanker. Penelitian mereka bisa menjadi solusi baru melawan kanker ganas.

Penelitian itu akan fokus pada glioblastoma, bentuk paling umum dari kanker otak. Zika menyebabkan cacat parah pada bayi dengan menyerang sel-sel punca yang sedang berkembang di otak. Namun pada orang dewasa yang otaknya sudah sepenuhnya terbentuk, virus hanya menyebabkan gejala-gejala serupa flu ringan.

Dalam glioblastoma, sel-sel kanker yang sedang berkembang pada otak diprediksi bisa dilawan dengan virus tersebut. Para ahli mengatakan pengobatan dimulai dari dosis rendah untuk menghindari kerusakan pada jaringan yang sehat.

Para peneliti yang dipimpin oleh Harry Bulstrode dari Cambridge University akan menggunakan sel-sel tumor di laboratorium dan pada tikus untuk menakar potensi Zika. “Kami ingin menggunakan wawasan baru untuk melihat apakah virus bisa melawan kanker-kanker yang paling sulit ditangani,” kata Bulstrode seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat, 19 Mei 2017.

Dia berharap virus zika benar-benar ampuh melawan tumor di otak. Cara ini bisa menjadi solusi pengobatan masa depan. (Foto: Sciene Mag)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: