Ubah Stigma TBC dengan Kampanye #PeduliKitaPeduliTBC

TBC merupakan menyakit menular yang menjadi ancaman berbahaya bagi kesehatan.
, Majalah Kartini | 16/01/2018 - 17:02

MajalahKartini.co.id – Berdasar laporan Global Tuberculosis Report WHO pada tahun 2017, Indonesia tercatat sebagai negara kedua dengan penderita TBC terbanyak di dunia yaitu 1.020.000 jiwa. Pada tahun 2016, terdapat 274 kasus kematian per hari yang disebabkan oleh TB. Harus ada upaya serius untuk menekan tingginya kasus TB baru yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kasus TB terbesar kedua di dunia.

Salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah melalui kampanye #PeduliKitaPeduliTBC. Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro mengharapkan agar masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap pencegahan penyebaran TBC di Indonesia. “Misalnya, masyarakat segera memeriksakan diri jika ada gejala khas TBC,” ucapnya saat mengisi acara Talkshow kesehatan tentang TBC“ di Klinik JRC, Selasa (16/1).

Selain itu, lanjut Arifin, melalui kampanye ini diharapkan dapat mengubah stigma masyarakat pada TBC, tidak lagi menganggap TBC sebagai sesuatu yang menakutkan dan menegrikan, karena TBC bisa diobati dan disembuhkan jika ditangani dengan baik dan tepat.

Sebagai inisiator kampanye #PeduliKitaPeduliTBC, FSTPI mengajak berbagai pihak untuk terlibat secara langsung, serta pihak swasta dari berbagai kalangan, termasuk selebriti dan generasi milenials. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan kampanye TBC bisa menyebar dengan luas. (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: