Tinjau Kondisi Kesehatan, Menkes Kunjungi Asmat

Meninjau secara langsung layanan kesehatan yang ada, serta memastikan bantuan kesehatan yang sudah diberikan.
, Majalah Kartini | 26/01/2018 - 13:01


MajalahKartini.co.id – Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes, menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, karena tidak bisa menghadiri acara puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-58 tahun 2018 dikarenakan sedang melakukan peninjauan langsung Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

“Beliau sedang ke Agats di Asmat dalam rangka melihat, mengambil langkah-langkah untuk menindaklanjuti berbagai persoalan kesehatan di Papua”, tutur Anung, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Kamis pagi (25/1). Kepada sejumlah media, Anung menyatakan bahwa tujuan Menkes berangkat ke Asmat adalah untuk meninjau secara langsung layanan kesehatan yang ada, serta memastikan bantuan kesehatan yang sudah diberikan.

“Rencananya malam ini, sepulang meninjau kondisi pelayanan dan kesehatan di Agats, Ibu Menkes akan mengumpulkan 10 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten di Papua. Mereka akan bertemu di Timika”, ungkapnya. Diterangkan oleh Anung, sepuluh kabupaten tersebut dipilih karena memiliki nilai indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) yang rendah.

“Menkes ingin menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan sistem kewaspadaan dini dan respon yang harus diambil oleh teman-teman di daerah. Selain itu, Menkes juga ingin menyampaikan yang bisa disiapkan oleh pusat (baca: Kemenkes) sebagai bentuk kolaborasi penanganan permasalahan kesehatan”, imbuhnya.

Menkes tiba di Timika Kamis (25/1) pukul 06.05 WIT. Kedatangannya disambut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloisius Geyai dan Sekda Mimika Ausilius You. Tak berapa lama, Menkes Nila dan rombongan terbang ke Agats, Kabupaten Asmat menggunakan pesawat kecil jenis Twin Otter milik Airfast.

Menkes berkunjung ke RSUD Agats dalam rangka penguatan manajemen rumah sakit didampingi beberapa pejabat eselon I Kemenkes RI, antara lain: Dirjen Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS; Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, dr. H.M. Subuh, MPPM; dan Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D.

Hingga berita ini diturunkan, Menkes sedang melakukan peninjauan ke RSUD Kab. Mimika, Papua, yang merupakan RS Tipe C dengan jumlah dokter umum lebih kurang 22 orang dan dokter spesialis ada 18 orang. Rumah sakit ini memiliki 157 kamar.(Foto : Kemenkes)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: