Tetap Sehat Hadapi Musim Pancaroba dengan Cara Ini

Daya tahan tubuh tidak baik, maka virus dan bakteri akan mudah menyerang Anda.
, Majalah Kartini | 05/10/2017 - 19:09

MajalahKartini.co.id – Kondisi cuaca yang berubah sangat cepat dari musim kemarau ke musim hujan atau sering dikenal musim pancaroba ini mengguncang daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh sedang tidak berada di kondisi yang baik, maka virus dan bakteri akan mudah menyerang.

Baca juga: Musim Pancaroba, Hati-hati Keluhan Batuk Pilek dan Demam

Kondisi lingkungan saat pancaroba menjadi lembab. Di daerah tropis seperti Indonesia, kelembaban udara bisa mencapai 80 persen. Paparan sinar matahari yang kurang dari biasanya dapat membuat virus dan bakteri berkembang biak lebih cepat. Hal tersebut dibenarkan dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Rusdian Utama Roeslani.

Menurutnya, penyakit jadi mudah menyerang tubuh yang sedang beradaptasi dengan perubahan musim. “Kalau lagi capek, lelah, fisik tidak bagus, ada virus yang masuk ke badan akhirnya bisa sakit. Seperti penyakit influenza, batuk dan radang tenggorokan,” papar Rusdian.

Jadi bagaimana upaya yang tepat untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh Anda? Begini caranya.

1. Asupan gizi dalam tubuh

Hindari konsumsi berlebihan makanan gorengan, bersantan, berlemak dan makanan tidak sehat lainnya. Ganti dengan menu bergizi seperti buah dan sayuran. Hindari pula mengonsumsi makanan dari pinggir jalan.

2. Cuci tangan sebelum makan

Biasakan mencuci tangan sebelum makan. Walau terkesan remeh, sebenarnya kedua tangan Anda adalah sarang berbagai kuman penyakit. Karena tangan adalah bagian tubuh manusia yang paling banyak bersentuhan dengan benda ataupun orang lain.

3. Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih. Setidaknya manusia memerlukan sekitar 2 liter per hari atau setara minum air putih 8 gelas. Bila asupan cairan kurang, Anda rentan mengalami dehidrasi.

4. Istirahat yang cukup

Istirahatlah yang cukup, setelah seharian beraktivitas pastinya tubuh memerlukan istirahat untuk memulihkan kondisi. Usahakan Anda punya tujuh sampai delapan jam waktu tidur malam. Proses metabolisme yang terganggu karena kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda.

5. Rajin berolahraga

Mulai rajinlah berolahraga, dengan tubuh yang bugar maka daya tahan tubuh pun ikut meningkat. Luangkan saja waktu berolahraga sekitar 30 menit setiap harinya. (Cindy/Foto: Thinkstock)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: