Ternyata Menu Makan Siang Ini Punya Efek Buruk bagi Kesehatan

Makan siang juga memiliki peranan penting bagi pola harian Anda.
, Majalah Kartini | 09/11/2017 - 15:08

MajalahKartini.co.id – Biasanya Anda pasti mendengar ungkapan bahwa sarapan merupakan hal yang paling penting. Namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan makanan yang di makan saat siang dan malam hari. Makan siang juga memiliki pernaan penting karena dapat mempengaruhi pola harian Anda, baik tetap bugar atau justru berantakan.

Untuk menghindari ancaman pola harian buruk atau bad day, dilansir dari Women’s Health, ada 6 menu makan siang yang sebaiknya dihindari, yaitu :

1. Roti

Aktivitas harian yang tinggi terkadang membuat Anda memilih makanan yang praktis seperti roti lapis. Walaupun sering dijadikan pilihan makan siang karena praktis dan mengenyangkan namun jika terus-menerus memilih menu makan siang ini dapat berefek buruk bagi kesehatan.

Roti yang memiliki kandungan serat yang minim dan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Pada sore hari, kadar gula darah justru turun dengan cepat sehingga membuat nafsu makan melonjak. Ada baiknya Anda memilih roti gandum yang lebih kaya serat dan nutrisi sehigga dapat memperbaiki kadar gula darah, menurunkan kolesterol dan mencegah obesitas.

2. Mayonaise

Hindari menggunakan mayones untuk menambah rasa pada roti lapis yang diisi sayuran atau biji-bijian. Pakar kesehatan Briant St Pierre dari Precision Nutrition Kanada menjelaskan, sesuam roti lapis dengan mayones mengandung 100 kalori. Selain itu tidak ada nutrisi apapun dalam kandungan mayones yang sebagian besar adalah lemak.

3. Minuman manis

Segelas es teh manis atau minuman bersoda kadang menjadi pilihan untuk melengkapi makan siang Anda. Walaupun segar saat di minum, jangan terlalu sering menonsumsi minuman manis. Selain dapat meningkatkan risiko obesitas, dapat pula terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, ginjal bahkan hal sepele seperti kerusakan gigi.

4. Yoghurt

Biasanya yoghurt menjadi menu penutup dari makan siang Anda. Meski sering diklaim sebagai salah satu makanan sehat, ternyata yoghurt mengandung banyak gula yang lebih banyak daripada minuman bersoda. Apalagi yoghurt yang memiliki aneka rasa juga hanya memiliki sedikit kandungan serat. Sebagai pengganti, Anda bisa memilih yoghurt tanpa rasa (plain) dengan potongan buah asli.

5. Hanya ayam dan salad hijau

Hanya makan ayam dengan tambahan sayuran hijau merupakan menu makan siang yang menyehatkan. Kandungan di dalamnya memang menyehatkan tapi memiliki efek buruk bagi kesehatan. Menu yang minim lemak dan serat tersebut justru dapat membuat Anda merasa cepat lapar dan lebih banyak makan pada malam harinya. Untuk menghindari hal tersebut, tambahkan alpukat, kacang-kacangan serta buncis dalam menu makan tersebut. (Cindy/Foto: Lemonilo)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: