Ternyata Ini Alasan Susah BAB Saat Sedang Liburan

Sebagian orang merasa tidak nyaman BAB di toilet umum.
, Majalah Kartini | 22/11/2017 - 13:18

MajalahKartini.co.id – Kesulitan buang air besar (BAB) di toilet umum atau toilet penginapan biasa terjadi pada sebagian orang. Mayoritas merasa lebih nyaman menggunakan toilet di rumah sendiri untuk melakukan kegiatan tersebut. Bahkan Nick Haslam, profesor psikologi di University of Melbourne dan penulis Psychology in the Bathroom mengiyakan hal tersebut.

“Tak jarang, BAB baru kembali lancar usai Anda kembali ke rumah setelah liburan panjang atau menginap di rumah kerabat,” tuturnya.
Dilansir dari The Atlantic, menurut Jack Gilbert, direktur Pusat Mikrobiom Universitas Chicago mengatakan perasaan ‘nyaman’ tersebut dinilai sebagai keadaan emosional dan respon fisiologis atau cara tubuh merespon lingkungannya. Begitu pulang ke rumah, lanjutnya, toleransi glukosa, pernapasan dan hormon Anda berubah seiring dengan banyaknya penyesuaian tubuh.

Respons tersebut diduga karena kondisi unik rumah Anda, seperti bau, suara dan sensasinya. Hal tersebut akhirnya memberikan rangsangan pada tubuh untuk mendorong apa yang ada didalam, seperti pergerakan makanan dalam usus. Sedangkan lingkungan asing cenderung menghambat tubuh untuk melepaskan semuanya.

“Saat berada di rumah, terjadi respon relaksasi tubuh yang memungkinkan Anda melepaskan hambatan yang telah Anda ‘tahan’ saat berada di lingkungan yang asing. Mungkin Anda tak menyadarinya, namun tubuh telah melakukannya,” ucap Haslam dikutip dari The Atlantic.

Menurut Haslam, terlalu lama menahan BAB dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan konstipasi. Bahkan jika terlalu sering menahan dorongan secara teratur, terutama saat libur panjang, bisa menganggu sinyal otak dan otot yang terkait dengan kotoran. Ia pun menyarankan untuk mencoba menemukan toilet yang nyaman, konsumsi buah kaya air atau gunakan pencahar dosis rendah bila dalam 3 sampai 4 hari Anda tidak juga BAB. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: