Simak Alasan Berpuasa Sebelum Medical Check Up

Tak hanya berpuasa wajib ketika ramadan, tetapi kita juga harus berpuasa sebelum cek kesehatan.
, Majalah Kartini | 03/06/2017 - 09:04

Simak Alasan Berpuasa Sebelum Medical Check Up

MajalahKartini.co.id –  Medical check-up adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien. Pemeriksaan kesehatan ini bisa dilakukan bagi semua kalangan umur dan jenis kelamin tergantung kebutuhan seseorang. Anda bisa periksa kesehatan dimana saja selama tersedia laboratorium untuk melakukan uji tes darah.

Biasanya sebelum melakukan tes darah, dokter akan menyuruh pasien untuk melakukan puasa. Namun ada juga jenis pemeriksaan kesehatan tertentu yang mana dokter memperbolehkan Anda untuk makan dan minum apapun yang Anda inginkan.

Persiapan pemeriksaan yang benar merupakan hal yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat sebagai bentuk diagnosis terkait masalah medis yang sedang Anda alami. Itu sebabnya, Anda harus melakukan instruksi yang diberikan oleh dokter dengan benar untuk menghindari pemeriksaan ulang atau menghindari pemeriksaan tambahan yang tidak perlu.

Puasa sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan sangat penting dilakukan untuk membantu memastikan hasil tes yang Anda lakukan akurat. Pasalnya kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum melakukan tes kesehatan akan diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung pada tingkat glukosa darah, lemak dan zat besi dalam tubuh.

Itu sebabnya Anda diperintahkan oleh dokter untuk berpuasa sebelum melakukan tes kesehatan. Hal ini juga sebagai cara untuk memastikan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat artikan dengan benar oleh dokter sehingga proses diagnosis terkait kondisi kesehatan Anda akan lebih akurat.

Beberapa pemeriksaan kesehatan yang mewajibkan pasiennya puasa saat medical check-up, yaitu:

– Pemeriksaan glukosa
– Pemeriksaan kolesterol ( profil lipid/lemak)
– Pemeriksaan urea dan asam urat
– Pemeriksaan fungsi hati
– Pemeriksaan tingkat trigliserida
– Pemeriksaan sistem metabolisme dasar
– Dan lain sebagainya

(Foto: Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: