Sikat Gigi dan Berkumur Penting Bagi Kesehatan Mulut

Varian dengan rasa lebih ringan Listerine mendukung keluarga Indonesia jalani aktivitas sehari-hari dengan lebih berani dan percaya diri.
, Majalah Kartini | 31/08/2017 - 17:08

MajalahKartini.co.id – Menurut data dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), penyakit gigi dan mulutempa peringkat ke-6 sebagai penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat indonesia. Tingginya tingkat penyakit penyakit gigi dan mulutnya sesuai anjuran medis.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) hanya menunjukkan 2,3% masyarakat Indonesia yang menyikat gigi sesuai anjuran dokter gigi yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Selain itu, masih sangat sedikit masyarakat yang hadir menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi. Rampasan mulut hanya 25% dari rongga mulut.

“Menyikat gigi adalah perawatan yang paling penting bagi gigi dan mulut,” kata Devy Yheanne, Kepala Negara Komunikasi & Urusan Masyarakat, PT Johnson & Johnson Indonesia pada workshop di Jakarta, Selasa (29/8).

Akankah, kata Devy meyikat gigi hanya mencapai 25% dari mulut, sementara jutaan kuman menyebar di seluruh bagian kita. “Kalau dibiarkan, kuman-kuman itu bisa menimbulkan masalah, seperti penumpukan plak, radang gusi (gingivitis) dan nafas tak sedap,” lanjutnya.

Karenanya, agar gigi dan mulut dapat terawat dengan lebih baik, setelah menyikat gigi, kita juga perlu bersih sela-sela gigi dengan benang gigi (gigi floss) dan berkumur dengan mouthwash setiap hari, “jelas devy.

Seperti wujud dalam membantu merawat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia, Listerine® mempersembahkan rangkaian produk terbarunya.Terdiri dari tiga varian rasa yaitu Zero, Teh Hijau dan Multi-Protect Zero, rangkaian produk baru ini dengan rasa lebih ringan dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak usia enam tahun ke atas.

Penggunaan mouthwash lebih tinggi saat di bulan Ramadhan, untuk menghindari bau mulut tak sedap. Namun sebenarnya, manfaat obat kumur tak hanya berhenti di situ. Berkumur dengan mouthwash dapat membantu melenyapkan sisa-sisa bakteri yang bersarang di dalam mulut, misalnya, di bagian lidah, dinding mulut, permukaan gusi dan rongga di antara gigi yang sulit dicapai oleh sikat.

Sesuai anjuran Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), berkumur dengan obat kumur secara rutin dua kali dalam sehari saja menyikat gigi bisa membantu memberikan yang lebih baik untuk gigi dan mulut.

Arie Untung yang merupakan Brand Ambassador Listerine® mengatakan kebiasaan baik itu harus dibina sejak dini dalam keluarga, terlebih lagi terhadap anak-anak. “Karena anak-anak gemar mengonsumsi makanan manis yang bisa meningkatkan resiko gigi berlubang, saya dan Fenita pun selalu lebih keras dalam menjaga kesehatan mulut mereka,” katanya Arie.

Agar sehat mulut seluruh anggota keluarga saya terjaga, tak hanya saya dan istri, anak-anak pun kini sudah terbiasa untuk berkumur Listerine® setelah sikat gigi dua kali sehari.

Selain baik bagi kesehatan, kegiatan berkumur juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak. Pada saat mengajarkan anak pentingnya berkumur, terjadi komunikasi antara orang tua dan anak yang pada akhirnya dapat memperkuat ikatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kekeluargaan yang kuat dapat tercipta dari kebiasaan menghabiskan waktu bersama dan berbagi pengalaman yang berkualitas.

“Di tengah keterbatasan waktu akibat kesibukan bekerja, orang tua perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan setiap kesempatan untuk menciptakan waktu yang berkualitas bersama buah hatinya. Kegiatan berkumur yang dilakukan bersama-sama dengan cara yang menyenangkan, misalnya diiringi dengan tarian atau nyanyian ceria, bisa menjadi salah satu kegiatan yang positif untuk dilakukan.” tutup Devy.

Manfaat Berkumur Dua Kali Sehari

Berkumur dua kali sehari tak hanya merupakan cara yang baik untuk menjaga napas tetap segar. Tetapi juga menjadi kunci menjadikan seisi mulut Anda bersih. Faktanya, menggosok gigi hanya membersihkan 25% area mulut. Berkumur mampu melawan bakteri pada seluruh area mulut, gigi dan gusi Anda, namun harus dilakukan dua kali sehari agar dapat benar-benar efektif.

Nah, karena kuman berada dalam mulut Anda sepanjang hari, maka sebaiknya Anda berkumur setiap hari. Setiap berkumur hanya melindungi Anda selama 12 jam. Agar Listerine® dapat mencapai potensi penuhnya, gunakan sesuai aturan dan berkumurlah dua kali sehari masing-masing selama 30 detik.

Penelitian menunjukkan bahwa antimicrobial Listerine® mouthwash melawan bakteri mulut sepenuhnya dalam 10 hingga 30 detik dan Anda akan merasakan bedanya dengan penggunaan rutin.

Faktanya, bakteri dalam sampel plak dan air liur dapat dibasmi dalam 30 detik saat bersentuhan dengan Listerine®. Jangan beri kuman kesempatan, berkumurlah selama 30 detik penuh guna memastikan mulut bersih sepenuhnya.

Berkumur dua kali sehari adalah cara terbaik dalam melindungi mulut Anda, namun bahkan meski Anda sudah mengalami gejala-gejala penyakit gusi, mouthwash bisa Anda andalkan. Poduk-produk Listerine® mendapat dukungan dari para dokter gigi dan telah terbukti secara klinis untuk membantu mengatasi radang gusi karena iritasi dan gusi yang mudah berdarah.

“Kami juga menyediakan berbagai jenis produk untuk membantumu mencapai tujuan yang berbeda untuk mulutmu, mulai dari membersihkan gusi sampai melindungi email,” kata Devy.

Lengkapi rutinitas menggosok gigi, flossing dan memeriksa ke dokter gigi dengan aktivitas berkumur yang terbukti mampu melawan plak dan gingivitis. Rutinitas harian yang singkat untuk kesehatan mulut yang tahan lama dan dapat Anda banggakan karena mampu mengurangi gigi berlubang, plak, tartar, memperkuat email, mengurangi kuman. (Foto: Andim)

 

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: